PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.36Keywords:
Komunikasi, Guru dan Siswa, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan Komunikasi Antara Guru dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengaruh Komunikasi antara Guru dan Siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 1 Paku Kecamatan Bolangitan Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, sehingga penelitian ini dikatakan sebagai penelitian populasi. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan angket, dan jenis analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji korelasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melakukan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 50.014 dan nilai ttabel sebesar 2.080, selanjutnya nilai signifikansi sebesar 0.000 (ρ < 0.05). Hal itu berarti semakin baik tingkat komunikasi antara Guru dan Siswa maka semakin tinggi Motivasi Belajar Siswa kelas V di SDN 1 Paku Kecamatan Bolangitan Barat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nurianti Lasompo, Asriyati Nadjamuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.