PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Nurianti Lasompo IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Asriyati Nadjamuddin IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.36

Keywords:

Komunikasi, Guru dan Siswa, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan Komunikasi Antara Guru dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengaruh Komunikasi antara Guru dan Siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 1 Paku Kecamatan Bolangitan Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, sehingga penelitian ini dikatakan sebagai penelitian populasi. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan angket, dan jenis analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji korelasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melakukan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 50.014 dan nilai ttabel sebesar 2.080, selanjutnya nilai signifikansi sebesar 0.000 (ρ < 0.05).  Hal itu berarti semakin baik tingkat komunikasi antara Guru dan Siswa maka semakin tinggi Motivasi Belajar Siswa kelas V di SDN 1 Paku Kecamatan Bolangitan Barat.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Lasompo, N., & Nadjamuddin, A. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 1(1), 24–40. https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.36