Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab Makan dan Minum di Kelas II MIS Darul Faizin Mantaas Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Authors

  • Firmansyah Rudianor MIS Darul Faizin

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.967

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak di MIS Darul Faizin Mantaas menunjukkan adanya banyak kendala yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. PTK ini bertujuan untuk mengetahui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Adab Makan dan Minum di kelas II MIS Darul Faizin Mantaas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MIS Darul Faizin Mantaas yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi,observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis Kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah : a) menyusun rencana kegiatan b)pelaksanaan tindakan c) observasi dan d) refleksi. Akhir refleksi pada siklus kedua menunjukan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus kedua.penelitian menunjukan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MIS Darul Faizin Mantaas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah setelah diadakan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai (6,91%) dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 13 orang siswa (7,14 %) dari 22 siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 50 %. Berarti secara klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 20,5% keberhasilan dalam belajar siswa terdapat 22 orang siswa sebesar 100 % dari 22 siswa, tingkat ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 100 % secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Rudianor, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab Makan dan Minum di Kelas II MIS Darul Faizin Mantaas Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 4(1), 14–21. https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.967