MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN DI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.58176/edu.v5i2.2106Kata Kunci:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Pecahan CampuranAbstrak
Studi ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 02 Limboto, khususnya dalam penguasaan konsep pecahan campuran, melalui penerapan strategi Problem Based Learning (PBL). Penelitian mengadopsi desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengikuti model siklus Kemmis dan McTaggart yang mencakup empat tahapan utama: perencanaan, implementasi, pengamatan, dan evaluasi reflektif. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas V SDN 02 Limboto. Strategi pembelajaran yang diterapkan berfokus pada penggunaan model PBL untuk mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan campuran. Temuan penelitian mengindikasikan keberhasilan implementasi PBL dalam meningkatkan performa akademik siswa, yang tercermin dari peningkatan persentase ketuntasan belajar. Dari kondisi awal yang hanya mencapai 31%, terjadi peningkatan menjadi 50% pada tahap pertama (siklus I), dan mencapai target optimal 80% pada tahap kedua (siklus II). Evaluasi komprehensif terhadap data empiris ini menegaskan bahwa penerapan model PBL memberikan dampak positif yang signifikan terhadap optimalisasi capaian pembelajaran siswa kelas V SDN 02 Limboto.
Referensi
Aisya, A. P.; Solikhah, T.; Widodo, S. T.; Azizah, W. A.; Miskiyah, N. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Guna Meningkatkan Pemahaman Materi Norma Pada Kelas IV Sekolah Dasar.” Didaktik 09, no. 5 (2023): 104–16.
Anam, Syaiful, dan S. Prianto. Statistika Pendidikan. Semarang: CV Pilar Nusantara, 2019.
Ariani, Resti Fitria. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Muatan IPA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 4. no.3: h. 424. 2020.
Ariani, Yetti, dkk. Model Pembelajaran Inovatif untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Aqib, Zainal, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya, 2014.
Darmadi, Hamid. Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta, 2015.
Darmadi, H. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Darmayanti, Ni Wayan S., dkk. Penelelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan dan Implementasinya Bagi Guru dan Mahasiswa. Bali: Nilacakra, 2024.Aisya, A. P.; Solikhah, T.; Widodo, S. T.; Azizah, W. A.; Miskiyah, N. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI NORMA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR.” Didaktik 09, no. 5 (2023): 104–16.
Darusman. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Muatan ….” Pendekar: Jurnal Pendidikan … 6, no. 2 (2023): 722–24.
Farah, Nadia. (2020). Pengembangan Media Game Play Aroundstatistic pada Materi Penyajian Data Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Harjokuncaran Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia.
Fitriani. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Jaring-Jaring Bangun Kubus Dan Balok Melalui Model PBL”. Khidmat: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 1. no. 1: h. 98. 2023.
Hamzah, M. Ali, dan Muhlisrarini. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press, 2014.
Hanief, Yulingga Nanda, dan Wasis Himawanto. Statistika Pendidikan. Sleman: Deepublish, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Adelia Putri Ibrahim, Lian G Otaya, Asriyati Nadjamuddin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.