Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kalimat Thayyibah di Kelas III MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Abdul Khakim MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi kalimat thayyibah melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B MI Salafiyah Syafi;iyah Proto 01, yang terdiri dari 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kalimat thayyibah. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem Based  hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (24%) yang tuntas dalam pembelajaran. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 10 siswa (48%) yang tuntas dalam pembelajaran dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 21 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Khakim, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kalimat Thayyibah di Kelas III MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kabupaten Pekalongan. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 4(1), 45–61. https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.970