PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP

Authors

  • Sri Susanti Olii IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Amalia Rizki Pautina IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.71

Keywords:

Metode Discovery Learning, Hasil Belajar IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang dihasilkan oleh metode discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui berapa besarkah pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan posttest-only control design untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengaruh metode discovery learning materi siklus makhluk hidup terhadap hasil belajar peserta didik dikelas IV SDN 73 kota timur kota gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, sehingga penelitian ini dikatakan sebagai penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal test (posttest). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 84.4% dan berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh thitung> ttabel = 8.382 > 2.101 ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara metode discovery learning materi siklus makhluk hidup dengan hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Olii, S. S., & Rizki Pautina, A. (2020). PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 1(1), 73–89. https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.71