PENERAPAN METODE REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN CACAH
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.58176/edu.v5i2.2196Kata Kunci:
Realistic Mathematic Education, Hasil Belajar, Bilangan CacaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan cacah melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan 16 siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 7 Limboto. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, hanya 20% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Persentase ini meningkat menjadi 56,2% pada siklus pertama dan mencapai 87,5% pada siklus kedua. Implementasi RME, yang menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata, menghasilkan pembelajaran yang lebih relevan dan mendorong partisipasi aktif siswa. Berdasarkan hasil ini, disimpulkan bahwa pendekatan RME efektif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi bilangan cacah.
Referensi
Arifuddin, A, “Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik,” Jurnal Pendidikan Guru MI 3, no. 2 (2016): 186–96.
Astuti, “Penerapan Realistic Mathematic Education (RM) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD”, Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2018).
Badi, J, A. Mobonggi, R.A.Buhungo, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis menggunakan Metode Diskusi di Sekolah Dasar”, EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal 3, no. 2 (2022).
Baluwa, M.R, A. Nadjamuddin, “Pola Kerjasama Antara Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik”, EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal 3, no. 1 (2022).
EM,R.E & E.Musdi, “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik”, Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika 7, no.4 (2018).
Muah, Tri, “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat”, Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan 25, no.2 (2022).
Pane, A, M.D.Dasopang, “Belajar dan Pembelajaran”, FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3, no.2 (2017).
Pratiwi, R.J, N.Djumahana, A.D.Fitriani, “Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no.1 (2019).
Rahayu, E & D. Muhtadi, “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa”, Jurnal Kongruen 1, no.4 (2022).
Rohmah, H.N, Juliantika, S.R.Putri, “Peran Guru sebagai Agent of Change untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia”, NATURALISTIC Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 8, no.1 (2023).
Salilama, N, M. Damopoli, M.R.Manahung, “Penerapan Metode Jarimatika pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar”, EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal 3, no. 2 (2022).
Setiawan, S.M, “Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?”, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran 35, no.1 (2018).
Syakur, A.S, R.Purnamasari, D.Kurnia, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika”, Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 13, no.2 (2021).
Wuryanti, A.Suryanto, M.Noviyanti, “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar”, DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 6, no.2 (2022).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Serli H Asingo, Andi Nurwati, Ingka Rizkyani Akolo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






