Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sejarah dan Peran Tokoh Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
DOI:
https://doi.org/10.58176/edu.v4i2.981Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sejarah dan Peran Tokoh Ulama Penyebar Ajaran Islam diIndonesia mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Discovery Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase E SMAN 10 Gorontalo Utara Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sejarah dan Peran Tokoh Penyebar Ajaran Islam diIndonesia. Sebelum diterapkannya metode Discovery Learning hasil belajar siswa secara klasikal terdapat 14 siswa (58,3 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dari total 24 siswa. Setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut. Hasil belajar siswa yang tercapai dan diperoleh siswa dari evaluasi tes tertulis pada akhir pembelajaran mengalami peningkatan,untuk siklus I 24 siswa (79 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan masih terdapat 5 siswa (21 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 21 orang (87,5 %) yang mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang (12,5 %) yang belum mengalami ketuntasan siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Izran Lasoma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.