Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Materi Shalat Jamak dan Qashar Melalui Metode Modeling The Way

Authors

  • Kamil Kamil MTS Al Urwatul Wutsqaa Benteng

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.971

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil belajar siswa kelas VII yang kurang memuaskan. Nilai ulangan harian siswa dari satu kelas yang berisi 35 siswa, hanya 21 siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketentuan Minimum (KKM). Sedangkan yang 14 siswa nilainya di bawah KKM. Adapun KKM mata pelajaran Fikih adalah 75. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fikih materi shalat jamak dan qashar melalui metode Modeling The Way dengan media Audio visual pada siswa kelas VII MTs Al Urwatul Wutsqaa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian tindakan kelas ini terfokus pada aspek kemampuan kognitif, dengan indikator keberhasilan secara Individu siswa dapat mencapai nilai ≥ 75 dan secara klasikal sebanyak 85%. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Modeling The Way dengan Media Audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Fikih materi shalat jamak dan qasar pada kelas VII MTs Al Urwatul Wutsqaa, Benteng, Kab. Sidrap tahun pelajaran 2023/2024. Hal tersebut diketahui dari peningkatan setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 60% dari jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Pada siklus I setelah menerapkan metode pembelajaran Modeling The Way dengan media audio visual, siswa yang tuntas sebanyak 25 atau 71,4%. Pada siklus II setelah melakukan refleksi siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa atau 91,4%.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Kamil, K. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Materi Shalat Jamak dan Qashar Melalui Metode Modeling The Way. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 4(1), 62–73. https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.971