Integrasi Ilmu dan Agama Menuju Pendidikan Agama Islam Multidisipliner

INTEGRASI ILMU DAN AGAMA MENUJU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIDISIPLINER

Authors

  • YULI ERNAWATI IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
  • Kasim Yahiji Institute Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Najamudin Pettasolong Institute Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v5i1.1534

Keywords:

integrasi ilmu,, integritas agama, , pendidikan agama islam, , multidisipliner

Abstract

 

ABSTRACT

This article elucidates the significance of integrating science and religion within the framework of multidisciplinary Islamic religious education. Employing a literature review methodology, data were gathered from various scholarly sources. The findings of this research highlight the importance of a multidisciplinary approach in Islamic religious education, providing a foundation for the development of best practices in integrating science and religion within the educational curriculum. It is hoped that this research will serve as a source of inspiration for educators, researchers, and policymakers in fortifying relevant and meaningful Islamic religious education for the future of the Muslim community. The topic addressed herein constitutes the outcome of research and/or written ideas.

Keywords: Integrity of Science and Religion, Multidisciplinary Islamic Religious Education.

References

Abidin, Bagir Zainal et all, (Ed.). 2005. Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan.

Aminuddin, Luthfi Hadi. (2010). Integrasi Ilmu dan Agama : Studi Atas Paradigma Integratif- Interkonektif. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial-Budaya. Nomor 1 Volume 4 Tahun

Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu

Barizi, Ahmad. 2011. Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

F., Haught John. 2004. Perjumpaan Sains dan Agama: Dari Konflik ke Dialog. terj. Ftansiskus Bargias. Bandung: Mizan.

Hofman, Murad W. 2002. Menengok Kembali Islam Kita. terj. Rahmani Astuti. Bandung: Pustaka Hidayah

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kurniasih, 1Imas dan Berlin Sani. 2017. Kupas Tuntas Kompeteni Pedagogik; Teori dan Praktik. t.c, :Kata Pena

Mas’ud, Abdurrahman. 2002. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik: Humanisme Relegius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media

Nasution, Khoiruddin. (2017). Berpikir Rasional Ilmiah Dan Pendekatan Interdisipliner Dan Multidisipliner Dalam Studi Hukum Keluarga Islam. Al-Ahwat 10. No. 1

Ondeng, Syarifuddin. (2023). Problematika Pendidikan Agama Islam Di Universitas Khairun Ternate. Jurnal Keislaman. Volume 06, Nomor 01, Maret

Qomar, Mujamil. 2012. Merintis Kejayaan Islam Kedua: Merombak Pemikiran dan Mengembangkan Aksi. Yogyakarta: Teras.

Rahmat Hidayat & Abdillah, n.d. 2019. Ilmu Pendidikan. Medan: LPPPI.

Rahmat. (2019). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Interdisipliner sebagai Corak dan Solusi Pendidikan Agama Islam Era 4.0. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman. Volume 30, Nomor 2

Sarbaini, Albarra, Nanat Fatah Natsir, dan Erni Haryanti. (2022). Integrasi Ilmu Dan Agama” Sebagai Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Ri’ayah, Vol. 7, No. 01

Senge,Peter M. 1994. The Fifth Discipline. Los Angeles: Currency Doubleday.

Slamet. (2019). Konsep Integrasi Ilmu Dan Agama, As Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu KeIslaman, Vol. II No. 03

Solong, Najamuddin Petta. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 9, Nomor 1

Najamuddin Petta. (2021). Pembinaan Budaya Dan Lingkungan Dalam Membangun Perilaku Religius Di Man Insan Cendekia Gorontalo. Irfani: Jurnal Pendidikan Islam. Volume 17 Nomor 2

Suprayogo, Imam. (2016). Membangun Integrasi Ilmu Dan Agama: Pengalaman Uin Maulana Malik Ibrahim Malang, Batusangkar International Conference I, 15-16

Yahiji, Kasim. dkk. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulm Merdeka Di SMPN 8 Satap Telaga Biru, Volume XII, Nomor 2

ZA, Tabrani. (2014). Islamic Studies Dalam Pendekatan Multidisipliner (Suatu Kajian Gradual Menuju Paradigma Global). Jurnal Ilmiah Peuradeun- International Multidisciplinary Journal Vol. II, No. 02

https://kbbi.kemdikbud.go.id

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

ERNAWATI, Y., Yahiji, K., & Pettasolong, N. (2024). Integrasi Ilmu dan Agama Menuju Pendidikan Agama Islam Multidisipliner: INTEGRASI ILMU DAN AGAMA MENUJU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIDISIPLINER. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 5(1), 94–106. https://doi.org/10.58176/edu.v5i1.1534