Landasan Paradigmatis Islamisasi Ilmu Pengetahuan
DOI:
https://doi.org/10.58176/edu.v5i2.1546Keywords:
Paradigma, Islamisasi, Ilmu PengetahuanAbstract
Penelitian tentang Landasan Pradigmatis Islamisasi Ilmu Pengetahuan bertujuan untuk menganalisis Islamisasi Ilmu Pengetahuan dalam menawarkan jalan untuk memahami ilmu pengetahuan modern dalam cahaya nilai-nilai Islam. Dalam peneliti ini Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian kualitatif dimana semua datanya berasal dari pustaka. Oleh karena itu penelitian ini akan dilakukan melalui metode pengumpulan data yang diperlukan dengan mencari informasi dan bahan-bahan tertulis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini fokus pada penelusuran dan telaah dokumen atau sumber data tertulis, baik data primer maupun sekunder. Peneliti ini merumuskan dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana Landasan Filosofis dalam Islamisasi Pengetahuan. (2) Bagaimana Metodologi Islamisasi Pengetahuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) landasan filosofis dalam islamisasi terbagi menjadi tiga yaitu : Tauhid, Fitrah, dan Adl/Keadilan. (2) Sama seperti landasan filosofis islamisasi ilmu pengetahuan, metodologi Islamisasi pengetahuan pun terbagi atas tiga yaitu : Interdisipliner, Tafakkur, dan Ijtihad.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah, S. O. S. (2022). Akuntansi Syariah Sebagai Orientasi Di Masa Depan Dalam Perwujudan Nilai Amanah, Kebenaran, Dan Keadilan. Akuntabilitas, 15(2), 1-15.
Hafid, M. (2021). Islamisasi ilmu pengetahuan. HAKAM: Jurnal Kajian Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Islam, 5(2).
Hafid, M. (2021). Islamisasi ilmu pengetahuan. HAKAM: Jurnal Kajian Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Islam, 5(2).
Hanifah, U. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan Di Universitas-Universitas Islam Indonesia. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 273-294.
Hilmi, M. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Pergulatan Pemikiran Cendekiawan Kontemporer. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(02), 251-269.
Imdad, M. (2015). Menjajaki Kemungkinan Islamisasi Sosiologi Pengetahuan. Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 235-252.
Mardiana, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Tafakur Ayat Kauniyah Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Al-Hikmah Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Muksin, M. (2019). ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 4(2), 109-128.
Novayani, I. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Menurut Pandangan Syed M. Naquib Al-Attas dan Implikasi Terhadap Lembaga Pendidikan International Institute of Islamic Thought Civilization (ISTAC). Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 74-89.
Nugraha, M. T. (2020). Integrasi Ilmu dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 29-37.
Nugraha, M. T. (2020). Integrasi Ilmu dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 29-37.
Nugraha, M. T. (2020). Integrasi Ilmu dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 29-37.
Putra, A. T. A. (2020). Konsep Pemikiran Ismail Raji Al Faruqi (Dari Tauhid Menuju Integrasi Ilmu Pengetahuan di Lembaga Pendidikan). Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 20-37.
Rachman, P. (2020). Implikasi Konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan Ismail Raji Al-Faruqi. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 6(2), 154-170.
Rahman, F., & Ma'ruf, H. (2022). Penguatan dan Pengembangan Pendidikan Islam melalui Pendekatan Multidisipliner, Interdisipliner, dan Transdisipliner. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 8(2), 233-257.
Ryandi, R. (2021). Telaah Islamisasi Pengetahuan (Islamization of Knowledge) Syed Naquib al-Attas. An-Nadwah, 27(2), 52-59.
Ryandi, R. (2021). Telaah Islamisasi Pengetahuan (Islamization of Knowledge) Syed Naquib al-Attas. An-Nadwah, 27(2), 52-59.
Sari, R. M., & Amin, M. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding konferensi integrasi interkoneksi islam dan sains, 2, 245-252.
Septiani, R. P., Munandar, A. N., & Rahmi, A. (2023). Integrasi filsafat ilmu dalam akuntansi syariah: membangun etika dan keadilan dalam praktik bisnis syariah. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(6), 3174-3184.
Sholeh, S. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Konsep Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas). Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 209-221.
Solichin, M. M. (2008). Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Syamsurijal, S., & Alboneh, N. K. (2023). Angelar Adil Pratama: Praksis Keadilan Dalam Moderasi Beragama Jejaring Wali Songo. Mimikri, 9(2), 235-252.
Wahyuni, F. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Upaya Mengurai Dikotomi Ilmu Pengetahuan dalam Islam). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02).
Zaharuddin, Z. (2017). Psikologi Islam Perspektif Malik Badri. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 43-51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 khoiril anam, Kasim Yahiji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.