ANALISIS HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.32Keywords:
Kosakata, Bahasa Indonesia, Karangan NarasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Membuat Karangan Narasi pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, karena penelitian ini dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak delapan puluh tujuh persen siswa memperoleh nilai yang rendah pada tes kemampuan membuat karangan narasi, hal ini dipengaruhi oleh penguasaan kosakata Bahasa Indonesia yang rendah dan beberapa faktor lain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Amelia Hakiu, Ruwiah A. Buhungo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.