ANALISIS HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Amelia Hakiu IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ruwiah A. Buhungo IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.32

Keywords:

Kosakata, Bahasa Indonesia, Karangan Narasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Membuat Karangan Narasi pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, karena penelitian ini dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak delapan puluh tujuh persen siswa memperoleh nilai yang rendah pada tes kemampuan membuat karangan narasi, hal ini dipengaruhi oleh penguasaan kosakata Bahasa Indonesia yang rendah dan beberapa faktor lain.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Hakiu, A., & A. Buhungo, R. (2020). ANALISIS HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 1(1), 1–23. https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.32