PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN, LAMA PENGALAMAN KERJA DAN SPIP TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN

Authors

  • Farizka Susandra universitas djuanda
  • Indra Cahya Kusuma
  • Hilmi Tahsyinul Qolbi

DOI:

https://doi.org/10.58176/akasyah.v3i2.1470

Keywords:

TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN, LAMA PENGALAMAN KERJA, SPIP, KUALITAS LAPORAN KEUANGAN

Abstract

Penelitian ini fokus untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja pegawai dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) terhadap nilai laporan keuangan pada organisasi perangkat daerah dengan lokasi penelitian di Kabupaten Cianjur.
Desain penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Responden penelitian ini berjumlah 27 pegawai OPD. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 108 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial tingkat pendidikan, pelatihan, masa kerja pegawai dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) mempunyai pengaruh dan nilai laporan keuangan.
Responden merupakan pegawai yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan pada Pemerintah Kabupaten Cianjur yang meliputi kantor wilayah, instansi daerah, sekretaris daerah dan inspektorat daerah.
Kemudian untuk variabel tingkat pendidikan peneliti menggunakan pendidikan formal.
Penelitian ini dapat memberikan kontribusi kepada para penyelenggara pemerintahan serta pembuat laporan keuangan daerah khususnya di Kabupaten Cianjur, bahwa SPIP dapat digunakan sebagai indikator awal dalam menilai kinerja suatu entitas.

Downloads

Published

2024-02-21 — Updated on 2024-09-04

Versions

How to Cite

Farizka Susandra, Indra Cahya Kusuma, & Hilmi Tahsyinul Qolbi. (2024). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN, LAMA PENGALAMAN KERJA DAN SPIP TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN. AKASYAH: Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Audit Syariah, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.58176/akasyah.v3i2.1470 (Original work published February 21, 2024)