Determinan Market Share Bank Umum Syariah di Indonesia

Authors

  • Sindi Ali Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Hendra H. Dukalang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Rifadli D. Kadir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54045/mutanaqishah.v2i1.235

Keywords:

CAR; ROA; NPF; FDR; Market Share

Abstract

This study aims to determine whether CAR, ROA, NPF, FDR affect the Market Share of Islamic Commercial Banks in Indonesia for the 2017-2021 period. This study uses Panel Data analysis. The results of this study conclude (1) Capital adequacy ratio (CAR) has a negative and insignificant effect on the market share of Islamic banking in Indonesia; (2) Return on assets (ROA) has a positive and insignificant effect on the market share of Islamic banking in Indonesia; (3) Non-performing financing (NPF) has a negative and significant effect on the market share of Islamic banking in Indonesia; (4) Financing to deposit ratio (FDR) has a negative and insignificant effect on the market share of Islamic banking in Indonesia and (5) CAR, ROA, NPF and FDR together have an effect on the market share of Islamic commercial banks in Indonesia.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah CAR, ROA, NPF, FDR berpengaruh terhadap Market Share Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2017-2021. Penelitian ini menggunakan analisis data panel. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Capital adequacy ratio (CAR) berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia; (2) Return on assets (ROA) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia; (3) Non performing financing (NPF) berpengaruh negative dan signifikan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia; (4) Financing to deposit ratio (FDR) berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia dan (5) CAR, ROA, NPF dan FDR secara bersama-sama berpengaruh terhadap market share bank umum syariah di Indonesia

References

Asriningrum, C. (2019). Analisis Pengaruh NPF, DPK, dan ROA terhadap Market Share Bank Syariah di Indonesia (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah Periode 2014-2018). Institut Agama Islam Negeri Purwokerta.

Fadhilah, Y., Maknuun, L., & Lesmana, C. I. (2021). Pengaruh Marketing Mix Dan Customer Relationship Marketing Melalui Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Market Share Perbankan Syariah. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 8(1), 63–75. https://doi.org/10.53429/jdes.v8i1.149

Kadir, R. D. (2021). Manajemen Risiko Pembiayaan Bank Syariah. Samudra Biru.

Kadir, R. D., Ratnasari, S. L., & Abduh, M. A. (2022). What Drives Non Performing Financing? Evidence from Islamic Rural Banks in Indonesia During Covid-19. Ikonomika, 6(2), 207–218. https://doi.org/10.24042/febi.v6i2.10757

Katili, C. Y., & Kadir, R. D. (2021). Profitability of Islamic Microfinance in Indonesia: Does the Type of Financing Matter? Mutanaqishah : Journal of Islamic Banking, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54045/mutanaqishah.v1i1.306

Ludiman, I., & Mutmainah, K. (2020). Analisis Determinan Market Share Perbankan Syariah di Indonesia ( Studi Empiris pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang Terdaftar di OJK Periode Maret 2017 sampai September 2019 ). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 3(2), 169–181. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1336

Noor Rohman, S., & Karsinah, K. (2018). Analisis Determinan Pangsa Pasar Bank Syariah dengan Kinerja Bank Syariah di Indonesia Periode 2011-2016. Economics Development Analysis Journal, 5(2), 135–142. https://doi.org/10.15294/edaj.v5i2.22026

R.D.Kadir. (2019). Estimasi Janga Pendek dan Jangka Panjang Risiko Pembiayaan BPRS di Indonesia. Jurnal Nisbah, 05(02), 100–105. https://ojs.unida.ac.id/JN/article/view/2166/pdf

Saputra, B. (2014). Faktor-faktor Keuangan yang Mempengaruhi Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. Akuntabilitas, 7(2), 123–131.

Djuwita, Diana dan Muhammad, Assa Fito. Pengaruh Total DPK, FDR, NPF dan ROA terhadap Total Asset Bank Syariah Di Indonesia. Al-Amwal, Vol 8, No 1, 2016, h. 281-297. Diakses pada 30/05/2022 pada http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ amwal/article/view/670/542

Hamdani, Roni. Analisis Kinerja Keuangan Bank Muamlat Indonesia dikaitkan dengan program akselarasi perbankan syariah. Al-Iqtishad: Vol II, No 2 Universitas Kuala Syiah Aceh, 2010, h.136. Dikases pada 30/05/2022. https://media.neliti.com/media/publications/194961-ID-analisis-kinerja-keuangan- bank- muamalat.pdf

Nurkhotimah, Dede Rina. Pengaruh Indikator Keuangan Perbankan Terhadap Pangsa Pasar Perbankan Syariah Periode 2011- 2015. Skripsi Thesis, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2017). Diakses pada 31/05/2022. http://digilib.uin-suka.ac.id/24534/

Panjaitan, Mohammad Irwansyah. “Paket Kebijakan dalam mendukung perbankan syariah”, Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, Vol. 6 No.1 (2017), diakses pada 31/03/2018. https://media.neliti. com/media/ publications/58995-ID- paket-kebijakan-dalam mendukung-perbanka.pdf

Probo A, Wachyu. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi market share bank syariah di Indoensia, diakses pada 31/05/2022. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jejak

Rahman, Aulia. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi market share bank Syariah, Analytica Islamica, Vol. 5, No. 2, 2016, h.291-314. Diakses pada 01/06/2022 pada http:// jurnal. uinsu.ac.id/ index. php/ analytica/ article/viewFile/490/391

Sandy, Muhammad. Analisis pengaruh faktor-faktor kinerja dan aspek teknologi terhadap market share perbankan syariah di Indonesia periode 2011-2016, Tesis Program studi Magister perbankan syariah Universitas Islam Negeri Jakarta, h. iv diakses pada 2/06/2022. http://103.229.202.68/dspace/bitstream/123456789/37647/2/M

Saputra, Bambang. Faktor-faktor keuangan yang mepengaruhi market share perbankan syariah di Indonesia, Akuntabilitas, Vol, VII No. 2. 2014.

Setiawan, Ady. Analisis Pengaruh factor makro ekonomi, pangsa pasar dan karakteristik bank terhadap profitabilitas bank syariah, TEsis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2009, h. 86. Diakses pada 3/06/2022. https://core.ac.uk/ download/ pdf/11722995.pdf

Siregar, Erwin Saputra. “Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perbankan Syariah Terhadap Market Share Aset Perbankan Syariah,” (Tesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017), h. 104. Diakses pada Mei 2022 pada http://repository.uinjkt.ac.id/

Virawan, Adivia. Faktor-faktor yang mempengaruhi perlambatan pertumbuhan market share perbankan syariah di Indonesia, Skripsi, Universitas Sunan Kalijaga, 2017, h. 124. Diakses pada 09/05/2018. http://digilib.uin-suka.ac.id/24682/1/13820137_

Evanoff, D. D., and Fortier, D. L. (1988). Reevaluation of the Structure-Conduct-Performance Paradigm in Banking. Journal of Financial Services Research, 1, 1988, 277-294.

Harjito, Y., Utami, D. B., & Hapsari, D. I. (2017). Analisis Market Share Perbankan Syariah di Indonesia.Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XX, Jember.

Hendra, S. T., & Hartomo, D. D. (2017). Pengaruh Konsentrasi dan Pangsa Pasar terhadap Pengambilan Resiko Bank. Jurnal Bisnis dan manajemen Vol. 17, No. 2, 2017, 35 - 50.

[IFSB] Islamic Financial Services Board. (2019). Islamic Financial Services Industry Stability Report. Kuala Lumpur: Islamic Financial Services Board. Lampiran Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 13/24 DPNP tanggal 25 Oktober 2011.

Lloyd-Williams, D. M., Molyneux, P. and Thornton, J. (1994). Market Structure and Performance in Spanish Banking. Journal of Banking and Finance, 18, 1994, 433-443.

Maidalena. (2014). Analisis Faktor Non Performing Financing (NPF) pada Industri Perbankan Syariah. HUMAN FALAH: Volume 1. No. 1 Januari – Juni 2014, 127-138.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Sindi Ali, Hendra H. Dukalang, & Rifadli D. Kadir. (2022). Determinan Market Share Bank Umum Syariah di Indonesia. Mutanaqishah: Journal of Islamic Banking, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.54045/mutanaqishah.v2i1.235

Issue

Section

Articles