Peran Sumber Daya Alam Bagi Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia Dalam Persfektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.54045/jeksyah.v2i01.70Keywords:
Natural Resources, Sustainable , DevelopmentAbstract
Sumber daya alam adalah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia, yaitu khalifah fil ardh, akan tetapi sebaliknya manusialah yang merusak alam itu sendiri. Pembangunan berkelanjutan adalah pola dari pembangunan yang memperhatiakan keseimbangan pada alam. Islam memberikan kebebasan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah, terutama di Indonesia akan tetapi ada batasannya dan juga harus memperhatiakan keseimbangan alam sehingga sumber daya alam akan tetap kontiniutas yang terjaga.
References
Abdul, M. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abdus, S., & Muzayyidatul, H. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Nasabah dengan Keputusan Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi pada BPD Jateng Syariah, BRI Syariah dan Bank Muamalat) di Kota Semarang. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam(1), 33.
Dermawan, R. (2013). Pengambilan Keputusan Landasan Filosofis, Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
H. Djaslim Saladin, S. (1994). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Mandar Maju.
Hermawan Kartajaya, M. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Indoensia, B. (2016). Buku Panduan Guru Ekonomi Muatan Kebanksentralan. Jakarta: Bank Indonesia.
Indonesia, B. (2019, Juli 01). Karawo Merakyat dan MenduniaProgram Pengembangan Klaster Sulaman Karawo Provinsi Gorontalo. Retrieved from Perpustakaan BI: www. BI.go.Id.
Karsum, D. (2019, Juli 02). Pengrajin Karawo Ketua Kelompok Sumber Usah. (A. Latif, Interviewer)
Komunikasi, D. (2018). Pengembangan UMKM Membutuhkan Ekosistem yang Kondusif. Jakarta: Departemen Komunikasi.
Lexy, M. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nuralam, I. P. (2017). Etika Pemasaran Dan Kepuasan Konsumen Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Malang: UB Press.
Nurhisam, L. (2017). Etika Marketing Syariah. Iqtishadia Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, Vol. 4 No.2, 187-188.
Ratna Purnama Sari, A. M. (2018). Pengaruh Etika Pemasaran Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah. Universitas Ibn Khaldun Bogor AL- INFAQ, 131.
S, M. G. (2005, 07 07). Kebijakan Perbankan dalam mendukung Pengembangan UMKM . Makalah disampaikan dalam seminar Nasional, diselenggarakan oleh pimpinan(DPP-HIPPI), pp. 40-60.
Sudaryono, D. (2017). Pengantar Manajemen Teori dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Servise).
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Toriquddin, M. (2015). Etika Pemasaran Perspektif Al-Quran Dan Relevansinya Dalam Perbankan Syariah. Jurnal Hukum Dan Syariah, Vol 7 No.2, 116.
Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.