Analisis Kebutuhan Guru Bahasa Arab MTS Dan MA Di Kota Kotamobagu

Authors

  • Lystira Nurfitrianisa Stion IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Hairuddin Hairuddin IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Mukhtar I. Miolo IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/as.v2i1.821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana peta sebaran guru Bahasa Arab pada jenjang MTs dan MA  di Kota Kotamobagu pada tahun 2023 yang disajikan dalam bentuk tabel dan dijabarkan secara deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Angket disebar kepada guru-guru Bahasa Arab pada jenjang MTs dan MA di Kota Kotamobagu untuk mendapatkan data terkait latar belakang pendidikan dan beban mengajar. Wawancara kepada wakil-wakil kepala Madrasah bidang kurikulum dilakukan untuk mendapatkan informasi tambahan terkait gambaran kebutuhan guru bahasa Arab yang ada di masing-masing Madrasah. Dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data tambahan berupa keadan guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 16 orang guru Bahasa Arab yang tersebar di 4 MTs dan 2 MA di Kota Kotamobagu. Berdasarkan jumlah tersebut masih terdapat guru yang memiliki latar belakang pendidikan non bahasa Arab. Dari jumlah tersebut pula diketahui bahwa sebagian besar guru tersebut belum tersertifikasi pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kekurangan dan kelebihan jam mengajar juga menajadi fenomena yang turut terjadi pada guru-guru Bahasa Arab di Kota Kotamobagu. Sehingga berdasrakan hasil analisis dan perhitungan yang telah dilakukan, diketahui bahwa sebaran guru Bahasa Arab baik pada jenjang MTs maupun MA di Kota Kotamobagu belum merata. Atau dengan kata lain, belum sesuainya distribusi jumlah guru Bahasa Arab dengan keadaan Madrasah

References

Akbar, Rofiq Faudy. “Studi Analisis Perilaku (Analisis Faktor-Faktor Komitmen Organisasional Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Madrasah Swasta Di Jawa Tengah.” Skripsi, 2018.

Ardyani, Winda, Aryo Andri Nugroho, and Ali Shodiqin. “Instrumen Angket Gaya Belajar Visual , Auditorial Dan Kinestetik Untuk Siswa SMP : Validitas Dan Reliabilitas.” Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (5th Senatik), No. 2009 (2020): 250–256.

Arsyad, Berti, Suharia Sarif, and Sitti Khasriani. “Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Mind Mapping.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 10, No. 1 (2021): 116.

Astalini, Maison, Muhammad Ikhlas, and Dwi Agus Kurniawan. “Pengembangan Instrumen Sikap Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Fisika Matematika.” Syria Studies 7, No. 1 (2015): 37–72.

Babuta, Asma Is, and Abdul Rahmat. “Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, No. 1 (2019): 1–28.

Hermayawati. “Guru Berkualitas Menuju Indonesia Cerdas.” KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 1, No. 1 (2018): 6–14.

I Miolo, Mukhtar, Sinta Djafar, Damhuri, and Ratni Bt. Hj. Bahri. “Implementing E-Learning On Arabic Languange Subject During Covid 19 Pandemic in Madrasah Aliyah Negeri 1 Boalemo.” ’A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 11, No. 2 (2022): 360–370.

Jayusman, Iyus, and Oka Agus Kurniawan Shavab. “Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Artefak 7, No. 1 (2020): 13.

Juhji. “Peran Guru Dalam Pendidikan.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10, No. 1 (2016): 52–62.

Karso. “Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 384, 2019.

Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 2022.

Khasanah, Nginayatul. “Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia).” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam 3, No. 2 (2016): 39–54.

Kotamobagu, Kota. “Pemerintah Kota Kotamobagu.”Kurniawan, Agung Widhi, and Zarah Puspitaningtyas. Metode Penelitian Kuantitatif, 2015.

Miolo, Mukthar I., Paneo, N. R., Ismail, A. A., & Hilwa, H. (2023). Perkembangan Sastra Arab Jahiliyyah Hingga Abbasiyah Serta Perannya Terhadap Peradaban Dunia. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(1), 36-53.

Miolo, Mukhtar I., et al. "Implementing E-Learning on arabic Language Subject During Covid 19 Pandemic in Madrasah Aliyah Negeri 1 Boalemo." A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 11.1 (2022): 192-205.

Mokoagow, Alfarizi Farhan, Muhammad Nur Iman, and Mukhtar I. Miolo. "Telaah Buku teks Bahasa Arab Madrasah Aliyah (Studi Analisis Buku Ajar kelas 12 KMA 183 Tahun 2019)." A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 10.1 (2021): 205-215.

Mujahada, Kharis Syuhud. “Urgensi Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0.” Saliha 2, No. 2 (2019): 1–9.

Mukhid, Abdul. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 2020.

Muradi, Ahmad, Hasbullah, and Saridatun. Analisis Kebutuhan Guru Bahasa Arab MTs Dan MA Di Kota Banjarmasin. Vol. 105, 2014.

Nurjannah. “Pemetaan Sebaran Kebutuhan Guru Geografi SMA Di Kota Tangerang Selatan,” 2020.

Otaya, Lian Gafar, Herson Anwar, Kasim Yahiji, and Rahmawati. “The Assessment of Fit Data Model Feasibility of the Teachers’ Pedagogic Competency Variables.” International Journal of Instruction 16, no. 2 (2023): 909–926.

Permendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah Dan Pengawas Sekolah. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. Vol. 53, 2018.

Qomario, Siti Kurniasih, and Hetty Anggraini. “Studi Analisis Latar Belakang Pendidikan, Sertifikasi Guru Dan Usia Guru Paud Di Kota Bandar Lampung Berdasarkan Hasil Nilai Uji Kompetensi Guru (Ukg).” Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini 1, No. 02 (2018): 81–101.

Sholikah. “Analisis Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Sebuah Kajian Kritis).” Akademika 11, No. 1 (2017): 1–9.

Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. Bandung: Alfabeta, 2013.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013.

Sungkono, Estu Miyarso, and Ariyawan Agung Nugroho. “Tingkat Kepuasan Pengguna Dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Laboratorium Jurusan.” Epistema Vo.1. No. (2020): 1–9.

Sunuyeko, Nurcholis, Ahmad Lani, and Lilik Wahyuni. “Analisis Kebutuhan Guru Dalam Pengimplementasian.” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 25, No. 1 (2016): 18–26.

Sutrisno, Hadi. Metodologi Research. UGM, 1986.

Sya’ban, Riska. “Asesmen Kebutuhan Guru Di SMK Negeri 1 Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” 2006.

Syarifudin, Achmad. “Bahasa Arab Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN Raden Fatah Palembang),” 2017.

Wijaya, Candra, Rahmat Hidayat, and Tien Rafida. Manajemen Sumberdaya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, 2019.

Yuliyawati, Sri Nur. “Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Perkuliahan Proposal Dan Tata Tulis Ilmiah.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21, No. 1 (2021): 221.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana. Vol. 7, 2015.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Stion, L. N. ., Hairuddin, H., & I. Miolo, M. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Bahasa Arab MTS Dan MA Di Kota Kotamobagu. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 20–34. https://doi.org/10.58194/as.v2i1.821