Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Siti Aliyya Laubaha IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Zohra Yasin IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Muhammad Zikran Adam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.58194/as.v1i2.475

Keywords:

problematika; bahasa Arab; Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurai problematika-problematika yang terjadi di dalam kelas pada saat proses pembelajaran dimulai serta memberikan solusi yang tepat mengenai persoalan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan  observasi  terkait dengan materi yang digunakan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan penulis menemukan beberapa masalah yang terjadi pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Diantaranya terbagi dalam dua aspek yaitu problematika linguistic dan non linguistic. Hal ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam dunia pendidikan ataupun pada tiap satuan pendidikan agar dapat menunjang berkembangnya Pendidikan di Indonesia.

References

Ahmad Solkan. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI Miftahul Falah Jakenan Pati." EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 5, no. 2 (2021): 183-196.

Arkadiantika, Irnando, Wanda Ramansyah, Muhamad Afif Effindi, Prita Dellia, Deby Putri Perwita, Popi Sri Kandika, Yesni Oktrisma, et al. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Edited by Bayu Tara Wijaya. Journal of Chemical Information and Modeling. 1st ed. Vol. 3. Malang: UIN Maliki Press, 2019. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/6709%0Ahttp://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-arab/article/view/39394%0Ahttp://infestasi.trunojoyo.ac.id/simantec/article/view/3809%0Ahttp://lpm.iain-jember.ac.id/download/file/DISKUSI_PERIODI.

Evi Nurus Suroiyah, and Dewi Anisatuz Zakiyah. "Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia." Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2021): 60-69.

Fadli, Muhammad Rijal. "Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif." Humanika 21, no. 1 (2021): 33-54.

Hakim, Muhammad Luqman. "Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Arabi?: Journal of Arabic Studies." Arabi?: Journal of Arabic Studies 2, no. 2 (2017): 156-162. http://journal.imla.or.id/index.php/arabi.

Ilmi M. dan Nadiyah, Problematika Guru Pada Pembelajaran Baahsa Arab DI Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Banjar, Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No. 2 Oktober (2019).

Muslimah Maziyyatul, Persepsi Mahasiswa Terhadap Fenomena Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah, SITTAH: Journal of Primary Education, Vol. 2 No. 1,( April 2021).h.2.

Muradi, Ahmad. "Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia." Al-Maqoyis 1, no. 1 (2013): 128-137. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/maqoyis/article/viewFile/182/123.

Ni'mah, Khoirotun. "Problematika Guru Dalam Mengajar Bahasa Arab." Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6, no. 6 (2020): 593-603.

Ningrum, Nurjalilah Nufia. "Pengaruh Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Al-Quran Hadits Siswa Smp Tahfidz Al-Amien Prenduan Sumenep." UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016.

Noor, Fatwiah. "Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi." Arabiyatuna?: Jurnal Bahasa Arab 2, no. 1 (2018): 1.

Nurfatwa Risma, Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, (2016).

Nurlaela, Lia fatra. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Keterampilan Berbicara Di Era Revolusi Industri 4.0?." Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6 (2020): 1.

Setyowati, Nanik. "Problematika Pembelajaran Kitabah Dan Tarjamah Di Madrasah Ibtidaiyah." Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education 1, no. 1 (2020): 32-42.

Sumiarni, Nanin. "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI MAHASISWA PEMULA DI PUSAT BAHASA DAN BUDAYA (PBB) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON (Problematika Dan Solusinya)." Holistik 15, no. 19-38 (2014).

Tungkagi, Fika Magfira, Ibadurrahman Ali, and Yuslin Kasan. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo." Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2022): 1-16.

Zakiatunnisa, Dinda Alfian Sukma, and Masiva Nada Faidah. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dan Solusinya Bagi Non-Arab." Prosding SemnasbanaIV UM Jilid 2 4, no. 2 (2020): 489-498.

Zellatifanny, Cut Medika, and Bambang Mudjiyanto. "Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi." Diakom?: Jurnal Media dan Komunikasi 1, no. 2 (2018): 83-90.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Aliyya Laubaha, S. ., Yasin, Z. ., & Zikran Adam, M. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 98–108. https://doi.org/10.58194/as.v1i2.475