Ragam Aplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Ningsih Manoppo IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Siti Aliyya Laubaha IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Nurhanifa Basarata IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58194/as.v1i2.473

Keywords:

ragam aplikasi; pembelajaran bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam aplikasi yang bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Penulis memperoleh data melalui buku, jurnal, artikel-artikel yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini menganalisis data dengan cara mendeskripsikan hasilyang di peroleh. Adapun hasil dari penelitian adalah bahwa saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menunjang proses pembalajaran sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Di era 4.0 menuju 5.0 pendidik dituntut untuk bisa mengoperasikan teknologi pendidikan yang tersedia sehingga pembelajaran bisa lebih mudah dan menarik tidak hanya monoton sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu maka disediakan aplikasi-aplikasi sebagai penunjang pembelajaran. Apalagi pada pembelajaran bahasa Asing seperti bahasa Arab. Aplikasi-aplkasi yang digunakan antara lain yaitu, duolingo, canva, youtube, mu’jam al-ma’any, edmodo, arabic anlocked, program arabic online, learning arabic speak arabic, secil, drops, memrise, kahoot, dan facebook.

References

Adtman A hasan, Umi Baroroh, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Video Scribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Lisanuna, 9.2 (2019), 140–55

Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah, ‘Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif’, El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19.1 (2020), 56–71 <https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344>

Basuki, Yudi, and Yeni Hidayati, ‘Kahoot! Or Quizizz: The Students’ Perspectives’, ELLIC Proceding Elnglish Language, 2019, 11 <https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331>

Dariyadi, Moch Wahib, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital 4.0’, in Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 2019, pp. 448–62

Hasan Hasan, ‘Optimalisasi Google Form Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Pandemi Covid-19’, in Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, 2020, pp. 181–92 <http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/686/633>

Hastang, ‘Efektifitas Kamus Bahasa Arab Berbasis Aplikasi’, Didaktika Jurnal Kependidikan, 11.1 (2017), 112–20

Ilmiani, Aulia Mustika, Ahmadi Ahmadi, Nur Fuadi Rahman, and Yulia Rahmah, ‘Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab’, Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8.1 (2020), 17–32 <https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902>

Informatika, Jurnal, Pendidikan Bahasa Arab, and Fakultas Tarbiyah, ‘Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah’, Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1.2 (2021), 55–65

Irma Rachmayanti, Mochamad Arifin Alatas, ‘Implementasi Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring Di PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang’, Kadera Bahasa, 12.3 (2020), 18

Jailani, Mohammad, Wantini Wantini, Suyadi Suyadi, and Betty Mauli Rosa Bustam, ‘Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik Dalam Pembelajaran: Studi Kasus Pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6.1 (2021), 151–67 <https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115>

Karami, Vika Elvira, Ud’uni Yulita Rachmayanti, and Izzatur Rif’ah, ‘Penggunaan Aplikasi Berbasis Audio Visual ( Youtube Dan Tiktok ) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab’, Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021, 2021, 378–88

Manan, Muhamad Abdul, ‘Daya Tahan Dan Eksistensi Pesantren Di Era 4.0’, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3.2 (2019), 301–13 <https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.135>

Muh Ainin, Yazid Bastomi, hanafi, Ani Purjayanti, Ade Sukma Mulya, ‘Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Politeknik Negeri Malang’, in Prociding Senabasa Polinema, 2018, p. 187

Muhith, Abd, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Penerapan Quantum Learning), 2013

Nuralie, Adensyah, ‘Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Inggris Siswa’, Studi, Program Pendidikan, Teknologi Kurikulum, Jurusan Teknologi, D A N Pendidikan, Fakultas Ilmu Semarang, Universitas Negeri, 2019

Rahmat Linur, and Mahfuz Rizqi Mubarak, ‘Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah’, Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2.1 (2020), 8–18 <https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.154>

Ramon, F, ‘APLIKASI KAMUS BERGAMBAR TIGA BAHASA (INDONESIA, INGGRIS DAN ARAB) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (Studi Kasus: Sekolah Dasar Islam …’, 2011 <http://repository.uin-suska.ac.id/414/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/414/1/2011_201197.pdf>

Sari, Ana Wahyuning, ‘Aplikasi Belajar Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Daring (Online)’, Institut Agama Islam Negeri Jember, 2021, p. 23

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Manoppo, N. ., Aliyya Laubaha, S. ., & Basarata, N. . (2023). Ragam Aplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 80–97. https://doi.org/10.58194/as.v1i2.473