Al-Manhaj At-Taqabuli Fi Al-Dirasat Al-Lughawiyah Fi At-Turats Al-Arabi

Authors

  • Siti Aliyya Laubaha IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Miskat S. Inaku IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/as.v1i1.15

Keywords:

Contrastive Analysis, At-Taqabuli

Abstract

This study aims to explain how the nature of the contrastive method (at-taqabuli), including how it is a contrastive analysis method, the benefits of contrastive analysis, and also the steps in conducting a contrastive analysis. In this study, the literature review method was used because this research was sourced from several literature articles and books related to research. The conclusion of this study is that contrastive analysis is a method of comparison between two languages or two dialects in a language. In terms of differences and similarities in terms of syntax, morphology and phonology.

References

F. N. Putri, “Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia,” J. Pendidik. Bhs. Indones., vol. 8, no. 1, p. 16, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.30659/j.8.1.16-24.

Febriana Sulistya Pratiwi., “Analisis Makna Denotatif Dan Konotasi Linguistik Arab Dalam Syari’at Islam,” J. Educ. Lang. Res., vol. 8721, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022, doi: https://doi.org/10.53625/joel.v1i10.2286.

M. Hasbullah, “Hubugan Bahasa, Semiotika dan Pikiran dalam berkomunikasi,” Al-Irfan J. Arab. Lit. Islam. Stud., vol. 3, no. 1, pp. 106–124, 2020, doi: 10.36835/al-irfan.v3i1.3712.

A. L. Sitompul, M. Patriansyah, and R. Pangestu, “Analisis Poster Video Klip Lathi : Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure,” Besaung J. Seni Desain dan Budaya, vol. 6, no. 1, 2021, doi: 10.36982/jsdb.v6i1.1830.

S. Aji Prabowo, “Analisis Semiotika Lirik Lagu Distorsi Dari Grup Musik Ahmad Band Sebagai Kritik sosial (Analisis Semiotika Makna Lirik Lagu Distorsi),” Solidar. J. Ilmu-Ilmu Sos., 2023.

A. Hizkil, “Hakikat Kehidupan Dunia dalam Q.S. Al Ḥadid (57) : 20 (Analisis Pembacaan Heuristik Dan Hermeneutik Michael Riffaterre),” Al-Irfan J. Arab. Lit. Islam. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 170–185, 2021, doi: https://doi.org/10.36835/alirfan.v4i2.4756.

Y. K. Yahya, U. Mahmudah, and L. Muhyiddin, “De-Sakralisasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Analisis Bahasa sebagai Identitas Agama,” JLA (Jurnal Ling. Appl., vol. 3, no. 2, p. 57, 2020, doi: https://doi.org/10.22146/jla.57232.

H. Sa’diyah and M. Abdurahman, “Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Penelitian Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Asing,” Lisanan Arab. J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 5, no. 1, pp. 51–69, 2021, doi: https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1665.

D. E. Saputri and M. Muis, “Pengaruh Daurah Arabiyah Dan Yaum Arabi Terhadap Keterampilan Berbahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Madura,” Al-Irfan J. Arab. Lit. Islam. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 96–117, 2021, doi: https://doi.org/10.36835/al-irfan.v4i1.4388.

A. This, K. Kunci, and A. Penelitian, “Analsis Kontrastif Maf’ul Ma’ah Terhadap Penerjemahan Bahasa Inggris Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Translation And Interpretation,” Al-Fathin, vol. 4, 2021, doi: https://doi.org/10.32332/al-fathin.v4i02.3759.

M. S. Restendy, “Model Belajar Dan Komunikasi Anak Disabilitas Tunarungu Wicara Di Taman Pendidikan Al Quran Luar Biasa (Tpqlb) Spirit Dakwah Indonesia Tulungagung,” J. Komunika Islam. J. Ilmu Komun. dan Kaji. Islam, vol. 6, no. 1, pp. 1–17, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v6i1.5519.

Ach Syaikhu, “Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di MI As-Sunniyyah Lumajang,” Auladuna Madrasah Ibtidaiyah Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 1–17, 2022, doi: https://doi.org/10.36835/au.v4i01.1117.

R. Safii, S. R. Shaleh, and C. P. Doni, “Uslub Kalam Khabar dan Insya’ dalam Dialog Kisah Nabi Zakariyah dalam Al-Qur’an,” `A Jamiy J. Bhs. dan Sastra Arab, vol. 11, no. 2, p. 395, 2022, doi: 10.31314/ajamiy.11.2.395-406.2022.

D. Dimyati, “Metode pembelajaran bahasa Arab bagi masyarakat umum di Ma’had Al-Bashirah Karawang,” Tawazun J. Pendidik. Islam, vol. 15, no. 2, p. 315, 2022, doi: https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7244.

S. Suyanta, “Signifikansi Qudwah Guru Dalam Pembelajaran Siswa Smp Dan Sma Di Aceh Utara,” J. MUDARRISUNA Media Kaji. Pendidik. Agama Islam, vol. 8, no. 1, pp. 60–78, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i1.2811.

Izzudin Mustafa, Tubagus Kesa Purwasandy, and Isop Syafe’i, “Kata Kerja Transitif dan Intransitif dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Studi Linguistik Kontrastif),” Stud. Arab, vol. 11, no. 1, pp. 1–12, 2020, doi: https://doi.org/10.35891/sa.v11i1.1891.

M. Fauzan Aziman, “Penanda Afiks Pada Verba dan Nomina Bahasa Arab Fusha dan Dialek Qatar Dalam Lagu Dreamers Oleh Fahad Al Kubaisi: Analisis Kontrastif,” Middle East. Cult. Relig. Issues, vol. 1, no. 2, pp. 181–197, 2022, doi: https://doi.org/10.22146/mecri.v1i2.6451.

M. . Taufik, S. Ag., M.A, Taufik, S. Ag., “Mazhab-Mazhab Ilmu Nahwu Dalam Sastra Arab Klasik,” Al-Af’idah J. Pendidik. Bhs. Arab dan Pengajarannya, vol. 4, no. 1, pp. 65–87, 2020, doi: https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i1.498.

H. N. Hieu, R. W. Eriyanti, and D. Iswatiningsih, “Perbandingan Idiom yang Berunsur Bagian Tubuh Manusia Pada Bahasa Vietnam dan Indonesia (Comparison of Idioms with Human Body Parts in Vietnamese and Indonesian),” Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 8, no. 1, p. 114, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v8i1.10179.

M. Masnun, “Teori Linguistik dan Psikologi dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Islam,” J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, pp. 172–204, 2019, doi: 10.38073/jpi.v8i1.107.

T. Thoyib and H. Hamidah, “Interferensi Fonologis Bahasa Arab ‘Analisis Kontrastif Fonem Bahasa Arab Terhadap Fonem Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Universitas Al Azhar Bukan Jurusan Sastra Arab,’” J. Al-Azhar Indones. Seri Hum., vol. 4, no. 2, p. 63, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i2.257.

A. Annas, “Akuisisi Bahasa Kedua pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Manafiul Ulum Kudus,” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 7, no. 2, p. 243, 2019, doi: https://doi.org/10.26740/paramasastra.v8n1.p46-59.

M. Misdawati, “Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa,” `A Jamiy J. Bhs. dan Sastra Arab, vol. 8, no. 1, p. 53, 2019, doi: https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.8.1.53-66.2019.

R. Z. Kamsir, “Analisis Kontrastif Dalam Pembelajaran Bahasa (Kajian Antara Konsonan-Vokal Pada Huruf Hijaiyah dan Alpabet Indonesia),” IJS J. Pendidik. dan Sos. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2020, doi: https://doi.org/10.2564/js.v2i1.18.

R. Riana, “Analisis Linguistik Kontrastif Dalam Mengatasi Kesulitan Guru Bahasa Indonesia Di Kabupaten Nias,” War. Dharmawangsa, vol. 15, no. 1, pp. 95–103, 2021, doi: https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1052.

A. Susilawati, “Kontrastif Kolokasi dalam Penerjemahan Arab-Indonesia,” Qismul Arab J. Arab. Educ., vol. 1, no. 02, pp. 67–81, 2024, doi: https://doi.org/10.62730/qismularab.v1i02.13.

A. K. Nashoih and M. F. Darmawan, “Pengembangan Bahan Ajar Nahwu Berbasis Kontrastif Untuk Mengatasi Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab,” Arab. J. Bhs. Arab, vol. 3, no. 2, p. 335, 2019, doi: 10.29240/jba.v3i2.1008.

A. Asmarita, F. S. O. Dedi, and ..., “Analisis Kontrastif Kosakata Bahasa Indonesia Dan Bahasa Malaysia Pada Film Animasi Upin Dan Ipin 3 Episode Tahun 2022,” J. Ilm. Mhs. Progr. Stud. PendidikanBahasa dan Sastra Indones., vol. 4, no. 2, 2022.

S. N. Khasanah and I. Baehaqie, “Penanda Makna Jamak Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab Pada Aspek Morfologis (Analisis Kontrastif),” J. Sastra Indones., vol. 9, no. 3, pp. 172–179, 2020, doi: https://doi.org/10.15294/jsi.v9i3.39876.

I. Hilmi, D. Syauqillah, and Y. H. Sidiq, “‘Adad Dan Ma’Dud Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia (Analisis Kontrastif),” al-Urwatul Wutsqo J. Ilmu Keislam. dan Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 51–59, 2021, doi: https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v2i1.26.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Aliyya Laubaha, S. ., & S. Inaku, M. . (2022). Al-Manhaj At-Taqabuli Fi Al-Dirasat Al-Lughawiyah Fi At-Turats Al-Arabi. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 37–57. https://doi.org/10.58194/as.v1i1.15