Teori Pembelajaran Kognitif dan Penerapannya Pada Buku Ajar Al’arabiyah Linnasyi’in di Ma Al-Huda Kota Gorontalo

Authors

  • Mohamad Lahay IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Rabiatul Adawiyah Ibrahim IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ratni Bt. Hj. Bahri IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Muh. Arif IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/as.v2i2.1272

Keywords:

Cognitive Theory, , Arabic Language Learning, , Alarabiyah Linnasyiin Textbook

Abstract

Teori kognitif merupakan kerangka berfikir yang sangat relevan dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Keberadaan teori kognitif mencakup pemerolehan bahasa, pembelajaran bermakna, serta individualisme kognitif menjadi faktor krusial dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi teori kognitif dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Al-Huda. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menguraikan penerapan teori kognitif sehingga dapat membawa perubahan perilaku pada peserta didik selama proses pembelajaran. Melalui penelitian ini, penulis berusaha mengungkap metode-metode yang diterapkan oleh pendidik bahasa Arab di MA Al-Huda, serta fenomena pembelajaran bahasa Arab dengan memanfaatkan teori tersebut, tanpa melakukan intervensi atau perubahan substansial dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar kognitif dalam pembelajaran bahasa Arab melibatkan refleksi pengalaman, diskusi bebas terbimbing, pengembangan berfikir kritis, penyelesaian masalah, pemaparan ide, dan eksplorasi konsep.

References

Ashari, Hasyim. “Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al- Qur ’ An.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Nidhomul Haq) 1, No. 01 (2016): 21–28.

Aufa, Faiz Mazdha. “Al-Madkhal Al-Makrify Dan Pembelajaran Bahasa Arab.” Lisanan Arabiyya Ii, No. 2 (2018): 173–190.

Fauziati, Endang. “Implikasi Teori Belajar Bruner Dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013.” Jurnal Papeda 3, No. 2 (2021): 128–136.

Hamida, Nurul Atik. “Implementasi Teori Meaningfull Learning David Ausubel Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Nursyamiyah Tuban.” Almadrasah 6, No. 4 (2022): 1386–1400.

Hamzah. Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, 1991.

Helmy, Abdullah. “Teori Belajar Kognitif Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Lingistik Terapan 1, No. November (2011): 32–39.

Ibda, Fatimah. “Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget.” Intelektualika 3, No. 1 (2015): 27–38.

Kartini. “Efektivitas Pembelajaran Al-Arabiyah Linnasyiin Jilid 2 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab.” Tadiban: Journalof Islamic Education 3, No. 1 (2022): 31–41.

Permata, Bagus Andrian. “Teori Generatif-Transformatif Noam Chomsky.” Emprisme 24, No. 2 (2009): 179–187.

Rahmah, Nur. “Belajar Bermakna Ausubel.” Al-Khawarzmi 1 (2013): 43–48.

Rosyid, M. Fairuz. “Teori Belajar Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Lisan : Jurnal Bahasa ( E-Journal ) 4, No. 2 (2019): 180–198.

Roviin. “Analisis Buku Teks Al ‘Arabiyah Li Al Nasyi’in Karya Mahmud Ismail Shini,.” Albayan 10, No. 1 (2018): 36–53.

Sutarto M. “Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Islamic Counseling 1, No. 02 (2017): 1–26.

Tajuddin, Shafruddin. “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa.” Jurnal Parameter 29, No. 2 (2017): 200–215.

Yuningsih. “Menguatkan Kembali Pendidikan Keagamaan Dan Moral Anak Didik.” Jurnal Istek Viii, No. 2 (2014): 199–216.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Lahay, M., Ibrahim, R. A. ., Ratni Bt. Hj. Bahri, & Muh. Arif. (2023). Teori Pembelajaran Kognitif dan Penerapannya Pada Buku Ajar Al’arabiyah Linnasyi’in di Ma Al-Huda Kota Gorontalo. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 23–37. https://doi.org/10.58194/as.v2i2.1272