MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DAN HAROKAT NYA MELALUI MEDIA POSTER GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B1 TK. ISLAM MUTIARA BUNDA KELURAHAN PUUWATU KECAMATAN PUUWATU KOTA KENDARI

Penulis

  • Mariyani TK Islam Mutiara Bunda

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada peserta didik melalui media poster gambar di kelas B TK Islam Mutiara Bunda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas B yang berjumlah 10 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah peserta didik kelas B TK Islam Mutiara Bunda dapat ditingkatkan melalui media poster gambar. Peningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan harokatnta peserta didik dapat dilihat pada hasil observasi penelitian prasiklus diperoleh 31% berada pada kriteria mulai berkembang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan harokatnya setelah diterapkannya media poster gambar yaitu terletak pada siklus I  diperoleh presentase rata-rata sebesar 56% berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Pada siklus II mendapatkan perolehan persentase yang mulai meningkat dari siklus sebelumnya yaitu diperoleh persentase rata-rata sebesar 82% berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik, dimana telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti sebelumnya yakni 80%.

Diterbitkan

2023-11-28