MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DAN HAROKAT NYA MELALUI MEDIA POSTER GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B1 TK. ISLAM MUTIARA BUNDA KELURAHAN PUUWATU KECAMATAN PUUWATU KOTA KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada peserta didik melalui media poster gambar di kelas B TK Islam Mutiara Bunda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas B yang berjumlah 10 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah peserta didik kelas B TK Islam Mutiara Bunda dapat ditingkatkan melalui media poster gambar. Peningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan harokatnta peserta didik dapat dilihat pada hasil observasi penelitian prasiklus diperoleh 31% berada pada kriteria mulai berkembang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan harokatnya setelah diterapkannya media poster gambar yaitu terletak pada siklus I diperoleh presentase rata-rata sebesar 56% berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Pada siklus II mendapatkan perolehan persentase yang mulai meningkat dari siklus sebelumnya yaitu diperoleh persentase rata-rata sebesar 82% berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik, dimana telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti sebelumnya yakni 80%.