MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Materi Hijrah Ke Habsayah Mata Pelajarah Sejarah Kebudayaah Islam Fase B Kelas IV MIN 1 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, angket, dan format dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan Tes. Berdasarkan Hasil penelitian Tindakan kelas pada Fase B Kelas IV MIN 1 Kota Gorontalo memiliki indicator kinerja; apabila minimal 80 % atau 23 orang peserta didik sudah memiliki kemampuan memahami Materi Hijrah ke Habasyah sesuai yang diharapan. Berdasarkan standar tersebut, penelitian Tindakan kelas ini menunjukkan hasil, yaitu pada Siklus I hanya 51,85 % atau 14 orang peserta didik yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran, dan pada siklus II mencapai 88,88 % atau 24 orang peserta didik yang memenuhi kriteri ketuntasan tujuan pembelajaran. Dari hasil yang dicapai pada siklus kedua, maka dapa disimpulkan hipotesis penelitian tindakan yang menyatakan bahwa “Penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Hijrah ke Habasyah pada Peserta Didik Fase B kelas IV MIN 1 Kota Gorontalo.