PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KALIMAT THAYYIBAH TA’AWUDZ MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH DI FASE A
Abstrak
Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dan II, menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada data awal sebelum tindakan perolehan nilai hasil belajar peserta didik sebesar 49%, siklus I hasil belajar peserta didik 63% sedangkan pada siklus II peningkatan hasil belajar diperoleh nilai 77%. Dari data di atas diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan peserta didik dengan hasil belajar peserta didik. Keadaan ini membuktikan bahwa keaktifan guru dan peserta didik mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik. Hal ini didukung oleh adanya kecenderungan meningkatnya aktivitas guru dan peserta didik diiringi dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik.