PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI SUNAN GRESIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Materi Sunan Gresik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui model Project Based and Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C MIN Manggarai Barat tahun ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Project Based and Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sunan Gresik. Sebelum diterapkannya model Project Based and Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 9 siswa (45%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,75. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 11 siswa (55%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72,70 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 19 siswa (95%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83,5 . Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.