PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna kelas IV SDN 36 Kendari melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 36 Kendari Tahun pelajaran2023/2024 , yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terdiri dari dua segi yaitu dari segi proses dan dari segi hasil. Dilihat dari segi proses, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 80% proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Dilihat dari segi hasil, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 75% dari jumlah siswa mencapai nilai ≥ 70.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 36 Kendari pada materi Mengenal Kitab-Kitab Allah. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I terdapat 12 dari 20 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 60% dan pada siklus II terdapat 17 dari 20 siswa telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 85%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui melalui model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti siswa pada materi asmaul husna kelas IV SD Negeri 36 Kendari.