PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PESAN POKOK SURAH AL-QARIAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Abdul Haris Bolota SMP N 13 Bolmut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Pesan Pokok Surah al-Qariah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 13 Bolaang Mongondow Utara. Metode TSTS merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif yang memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk berbagi, baik di dalam kelompok maupun dengan kelompok lainnya agar semakin menambah pengetahuan, mempelajari informasi baru dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) selama dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 13 Bolaang Mongondow Utara yang terdiri dari sejumlah peserta didik. Data mengenai hasil belajar peserta didik diukur untuk melihat dampak penerapan metode TSTS terhadap pencapaian hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aktivitas belajar peserta didik serta hasil belajar peserta didik pada materi Pesan Pokok Surah al-Qariah. Temuan ini menunjukkan bahwa metode TSTS dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya materi Pesan Pokok Surah al-Qariah di kelas VIII SMPN 13 Bolaang Mongondow Utara.

Downloads

Published

2023-12-01