MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH MELALUI PENERAPAN METODE EXPERIENTAL LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "menyambut usia baligh" mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Experiental Learning. Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah fase B kelas IV SDN 8 Sangkub Tahun 2022 yang terdiri dari 10 peserta didik. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Experiental Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "menyambut usia baligh". Hal ini terlihat pada siklus I, hasil belajar belajar peserta didik meningkat 61,90 (sedang)sedangkan siklus II meningkat 76,86 (tinggi). Dengan demikian, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 28,05 dari 48,81 (kondisi awal), dan sebesar 14, 96 dari 61,90 (siklus I). Di samping itu, metode ini juga menambah keaktifan dan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Experiental Learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.