UPAYA MENINGKATAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI MODEL PROBLEM BASIC LEARNING (PBL)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan karakter siswa sesudah mengikuti pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model pembelajaran problem Based Learning (PBL). Tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus diberikan pretets dan posttes dengan menggunakan lembar karakter siswa. Hasil tindakan siklus I dan siklus II melalui lembar pretest dan posttest karakter siswa diperoleh bahwa dari 5 aspek karakter siswa yakni kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras dan tanggungjawab berada pada kategori rendah untuk pretest siklus I, sedang untuk postest siklus I sedangkan kategori sedang untuk pretest siklus II dan kategori sangat baik untuk posttest siklus II. Adapun untuk penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran akidah akhlak mampu meningkatkan karakter siswa. dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru aqidah akhlak telah memperlihatkan komitmen mereka dalam membentuk karakter siswa melalui berbagai strategi pembelajaran yang berfokus pada aspek akidah dan akhlak.