PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG MEMAKNAI AL-ASMAUL HUSNA FASE D MADRASAH SANAWIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik tentang memaknai Asmaul Husna dengan menggunakan media video. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D MTs Nahdlatul Ulum 2 Bontoparang Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, refleksi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan media video dalam pembelajaran berhasil meningkatkan pemahaman serta hasil belajar peserta didik tentang memaknai Asmaul Husna. Hal ini terlihat dari peningkatan mulai dari pra siklus, siklus I sampai siklus II dengan nilai ketuntasan belajar pra siklus 14,81%, siklus I 37,37% dan siklus II 92,59%. Bukan hanya dari siklus tapi juga dilihat dari lembar observasi yang dilakukan, dari hasil yang didapat pada siklus I 2,40 sedangkan pada siklus II 3,48.