PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI KETENTUAN SALAT FARDU

Authors

  • Siti Mahmudah SDIT Al-Qalam Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  upaya  meningkatkan pemahaman peserta didik  tentang  shalat   fardu melalui   penerapaan   metode   Role Playing pada peserta didik kelas II  di  SDIT Al-Qalam Kendari  Penelitian  ini bersifat deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan data, menyusun, menganalisa  data  mengenai  upaya  meningkatkan  hasil  belajar  mengenai   Pendidikan Agama Islam tentang  shalat fardu melalui  penerapan  metode  Role  Playing  pada peserta didik kelas II di SDIT Al-Qalam Kendari .

Penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  dengan dua siklus.  Prosedur pelaksanaannya  mengacu  pada  Arikunto dimana pada setiap siklusnya terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan,  pelaksanaan,  pengamatan,  dan  refleksi.   Subjek   penelitian adalah  peserta didik  kelas  II SDIT Al-Qalam Kendari yang  berjumlah  30  orang. Tujuan  diadakannya  penelitian  ini  yaitu   untuk   mengetahui   pemahaman peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui  metode  Role  Playing.  Dengan  hasil  nilai pemahaman  peserta didik  cenderung   naik   jika   dilihat   sesudah  diterapkannya  metode  ini.  Hal  ini  terbukti  siklis  I  saat  pretes  dengan   jumlah 1885,  dan  nilai  rata-rata  62,83.  Sedangkan  saat  postest  dengan  jumlah 2150, dan nilai  rata-rata  71,66.  Lalu  siklus  II  saat  pretes  dengan  jumlah total 2180, dan nilan rata-rata 72,66. Sedangkan saat  postest  dengan  jumlah total 2.470, dan  nilai  rata-rata  82,33.  Sesudah  diterapkannya  metode  Role  Playing  ini  peserta didik  lebuh  memahami  penjelasan  dari  gurunya  dan  merasa senang.

Downloads

Published

2023-11-29