PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI KETENTUAN SALAT FARDU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan pemahaman peserta didik tentang shalat fardu melalui penerapaan metode Role Playing pada peserta didik kelas II di SDIT Al-Qalam Kendari Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan data, menyusun, menganalisa data mengenai upaya meningkatkan hasil belajar mengenai Pendidikan Agama Islam tentang shalat fardu melalui penerapan metode Role Playing pada peserta didik kelas II di SDIT Al-Qalam Kendari .
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaannya mengacu pada Arikunto dimana pada setiap siklusnya terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SDIT Al-Qalam Kendari yang berjumlah 30 orang. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Role Playing. Dengan hasil nilai pemahaman peserta didik cenderung naik jika dilihat sesudah diterapkannya metode ini. Hal ini terbukti siklis I saat pretes dengan jumlah 1885, dan nilai rata-rata 62,83. Sedangkan saat postest dengan jumlah 2150, dan nilai rata-rata 71,66. Lalu siklus II saat pretes dengan jumlah total 2180, dan nilan rata-rata 72,66. Sedangkan saat postest dengan jumlah total 2.470, dan nilai rata-rata 82,33. Sesudah diterapkannya metode Role Playing ini peserta didik lebuh memahami penjelasan dari gurunya dan merasa senang.