This is an outdated version published on 2024-08-29. Read the most recent version.

The Effect of Marketing IB Hijrah Savings Products on Customer Trust and Purchase Tension Through the Referral Program at Bank Muamalat Mojokerto

Authors

  • ceta indra lesmana institut pesantren kh abdul chalim mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.58176/akasyah.v4i1.1055

Keywords:

IB Hijrah Savings Product, Customer Trust, Purchase Intentional, Referral Program.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemasaran Produk Tabungan IB Hijrah terhadap Kepercayaan Nasabah dan Ketegangan Pembelian melalui Referral Program di Bank Muamalat KCP Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode SEM melalui alat analisis smartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran produk tabungan IB Hijrah berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Pemasaran produk tabungan IB Hijrah berpengaruh signifikan terhadap ketegangan pembelian. Pemasaran produk tabungan IB Hijrah berpengaruh signifikan terhadap program referral. Program Referral tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Program rujukan berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian. Pemasaran produk tabungan IB Hijrah tidak mampu memediasi kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap program referral. Pemasaran produk tabungan IB Hijrah mampu memediasi intensi pembelian hingga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap program referral. 

References

Abdillah & Hartono, Partial Least Square (PLS): Alternatif structural equation modeling SEM dalam penelitian bisnis, (Yogyakarta:Andi Offset,2015).

Abdillah & Hartono, Partial Least Square (PLS): Alternatif structural equation modeling SEM dalam penelitian bisnis, (Yogyakarta:Andi Offset,2015).

Abdillah Ardiansyah “ Pengaruh Electonic word of mouth, dan kualitas informasi terhadap kepercayaan nasabah di bank kota padang.”

Abdillah Ardiansyah “Pengaruh Electonic word of mouth, dan kualitas informasi terhadap kepercayaan nasabah di bank kota padang.” (Skripsi Mahasiswa manajemen fakultas ekonomi dan bisnis universitas bung hatta. 2016).

Amalia, Luciana soica dan Utomo, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Antisipasi, STIE Perbanas, Surabaya,(2006).

Amalia,Luciana soica dan Utomo, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Antisipasi, STIE Perbanas, Surabaya,(2006).

Ananda Sabil Hussein. Modul Ajar: Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0 (Fakultas Ekonomi dan Bisnis:Universitas Brawijaya,2015),

Angga Febrian, Tesis: Analisis pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil pada PT Astra Internasional Isuzu Lampung,(Bandar Lampung,2016)

Ari wardana, pulungan, “Analisis Pengaruh Pemasaran Produk Tabungan Prioritas Melalui Program Referral Terhadap Kepercayaan Nasabah dan Niat Pembelian Di Bank BNI Cabang Medan”,(Skripsi IAIN Padang sidempuan,2018)

Augusty, Ferdinand, Metode penelitian Manajemen:Pedoman untuk skripsi, Tesis dan disertai ilmu manajemen. Semarang:Universitas Diponogoro.(2006)

Azuar Juliandi, Modul Penelitian : Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan SMARTPLS, (Program studi Adminitrasi Bisnis: Universitas Sumatera Utara,2018)

Babin, Berry : “Modeling costumer satisfication and word of mouth.Universitas Sumatra utara.Journal of service marketing vol 19.pp133-139.

Bankmuamalat.co.id/berita/hadirkan-layanan-ib hijrah muamalat sasar nasabah- kelas-premium. (29 Agustus 2019)

Barnes, J. Secret of custumer Relationship Manajegemen: Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan,Andi,Yogyakarta (2003).

Budi Gautama siregar “Studi Penerapan Pemasaran Produk Tabungan Prioritas Melalui Program Referral dan Dampaknya terhadap Kepercayaan Nasabah dan Niat Pembelian di Bank sumut” : jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman . volume 03.No,1 juni 2017,

Chang, H.H and Liu,Y.M “The impact of brand equity on brand preference and purchase intension in the service industries’’, The service industry journal, vol. 29 NO.12.P 1687 (2009).

Davi, Fred. R.. “Manajemen Strategi” (Jakarta: Selempa Empat, 2010). Bilson Simamora, “Manajemen pasar dan Pemasaran” (Jakarta: 2001).

Dodds, W. B. Monreo. K.B & Grewal, D. Effect of Price, brand and store informasion on buyers’ produck evaluasion. Journal Of marketing reseach, 28(3),307-391.https:doi.org/10.2307/3172866 (1991)

Dr Budi Rahayu Taman Pitri, managemen Pemasaran, (Denpasar:Universitas Udayana,2017).

Eddi dan Idda”Pengaruh Komunikasi pemasaran terhadap keputusan nasabah”. Sumarlina dkk,”Pegaruh pemasaran produk pengaruh tingkat kepercayaan”.

Edisi 7. jakarta indeks 2008.

Ferdinand, A. Pengembangan minat beli merek eksistensi. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponogoro, (2002).

Ferdinand,A. Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Badan penerbitan Universitas Diponogoro Semarang. (2006).

Fitri Yunita sari, Pengaruh Dimensi Word Of Mouth (WOM) terhadap kepuasan pembelian di market place dalam perspektif Ekonomi Islam (Skripi, Universitas Raden Intan Lampung,2018)

Fitri Yunita Sari,Pengaruh Dimensi Word Of Mouth (WOM) Terhadap kepuasan pembelian di market place dalam perspektif Ekonomi Islam (Skripsi,Univeraitas Negri Raden Intan Lampung,2018),hal.35.

Gianyar Dewa Putu Gede Wiyata Putra dan Dona Wahyu Aristama, M. Pengaruh Sosial Media Marketing terhadap Brand Awareness dan Purchase Intension

Goedes, David dan Dina Mayzalin study word of mouth communication. Marketing science. Vol 23.no 4 (2004).

Gogoi,B. Study of Antecedents of purchase intension and its effect on brand loyality of private label brand of apparel. Internasional journal of sales & Marketing. 3(2),73-86 (2013).

Guen Anjalina Powa “ Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word Of Mouth terhadap minat beli konsumen handphone pada mahasiswa feb unsrat (2018).

Guen Anjalina Powa “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word Of Mouth terhadap minat beli konsumen handphone pada mahasiswa feb unsrat. (Skripsi Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan bisnis jurusan manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado 2018).

Haryono, Ali Syafiq. Analisis pengaruh kualitas layanan, Kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan dengan metode Structural Equation modeling. Program Studi Magister Managemen Teknologi. Institut Teknologi sepuluh November Surabaya (2010).

Haryono, Ali Syafiq.Analisis pengaruh kualitas layanan, Kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan dengan metode Structural Equation modeling. Program Studi Magister Managemen Teknologi. Institut Teknologi sepuluh November Surabaya 2010.

Hermaan kertajaya, “Hermawan kertajaya on marketing mix” (Bandung: Mizan pustaka, 2007).

Hermaan kertajaya, “Hermawan kertajaya on marketing mix” (Bandung: Mizan pustaka,2007).

Hermawan Kertajaya, Hermawan Kertajaya on selling,( Bandung:Mizan,2007)

Imroatul khasanah : “Pengaruh Relationship Marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap word of mouth nasabah bank jatim syariah Kediri.

Ismi Salamah dkk”Pengaruh word of mouth terhadap kepercayaan nasabah untuk pengambilan kredit usaha rakyat (KUR) Bank BNI.

Isna Muara Santi “Pengaruh Electrinic Word Of Mouth( E-WOM) Terhadap Purchase Intension pada Produk Bank Syariah”

Isna Muara Santi “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap purchase intension pada produk tabungan syariah”. (Skripsi perbankan syariah IAIN, Salatiga, 2017).

Isna Muara Santi “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap purchase intension pada produk tabungan syariah”. (Skripsi perbankan syariah IAIN, Salatiga, 2017).

Istiqomah, Ade sofyan mulazid, Pengaruh brand imange dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah PT. BNI Syariah cabang fatmawati Jakarta, (EQUILIBRUM,Volume 6,Nomor1,2018).

Joesyiana,K Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian (studi pada media online shop shoope di pekanbaru (survey pada mahasiswa semester VII Jurusan pendidikan akuntansi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal valuta,4(1),71-85.(2018).

Khalisa dkk. Pengaruh Relationship Marketing terhadap kepercayaan nasabah di bantul ngunut tanwil muhammadiyah mentari ngunut”

Khalisa Mutaqiyatullah : “Pengaruh Relationship Marketing terhadap kepercayaan nasabah di bantul ngunut tanwil muhammadiyah mentari ngunut”. (Skripsi ekonomi dan bisnis islam IAIN, Purwokerto, 2016).

Kotler Philip, Manajemen pemasaran, analisis perencanaan implementasi dan pengendalian,jilid I,ED,8.FUEI.Jakarta (2007).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga (2012).

Kotler, Philip. Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan control, Jakarta: PT PREHALINDO (2001).

Kotler, Philip. Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan control, Jakarta: PT prehalindo (2001).

Kotler,P & Armstrang,G.Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 2 (2008).

Muhammad Abdul Wawwad, Menjadi Mananger Sukses, (Jakarta : Gema Insani Press 2004).

Muhammad Bilal “Pengaruh Experiental Marketing dan kualitas layanan terhadap word of mouth dengan keputusan sebagai variabel intervening. (Skrispi Perbankan Syariah Istitut agama islam negeri (IAIN) Salatiga 2017).

Muhammad Bilal” Pengaruh Experiental Marketing dan kualitas layanan terhadap word of mouth dengan keputusan sebagai variabel intervening”

Philip Kotler, Gary Amstrong, Prinsip-prinsip pemasaran edisi kedelapan jilid 2. (Jakarta:Erlangga, 2001)

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi kesebelas, jilid2 (Jakarta, Gramedia, 2005).

Prof.Dr. Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta, 2017).

Prof.Dr.Sugiyono Kuantitatif, Metode Penelitian,(Bandung:Alfabeta,2017)

Putra ganda nugraha “Pengaruh word of mouth terhadap kepercayaan nasabah di PT. Prudential life asurande bandung”. (Skripsi keuangan dan perbankan sekolah tinggi ilmu ekonomi ekuitas bandung 2018).

Putro, Kristian Hariyomo, Analisis Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalias Rokok Merek LA Lights. Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta 2008.

Resmawa,I.N.Pengaruh Brand Image dan Produk Knowledge terhadap Purchase Intension dengan grand price sebagai modering variable pada produk the body shop di surabaya, Jurnal Aplikasi Manajemen,Ekonomi dan Bisnis.(2017)

Ridwan dan H.Sunarto, Pengantar Statistika untuk Penelitian : Pendidikan, social,, komunikasi, Ekonomi dan Bisnis (Bandung:Alfabeta;2014).

Ridwan dan H.Sunarto, Pengantar Statistika untuk Penelitian : Pendidikan, social,, komunikasi, Ekonomi dan Bisnis (Bandung:Alfabeta;2014).

Ririn Tri Ratnasari dan astute, Manajemen pemasaran jasa, (Bogor:Ghalia Indonesia, 2016).

Ririn Tri Ratnasari, Mastuti, Manajemen pemasaran jasa, (Bogor:Ghalia Indonesia,2016).

Rudianto (2018) mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta : “Pengaruh pemasaran jejaring media social dan terkaitan konsumen terhadap Niat Beli konsumen”. (skripsi dakwah dan komunikasi UIN Sunan kalijaga Yogyakarta 2018).

Rudianto “Pengaruh pemasaran jejaring media social dan terkaitan konsumen terhadap Niat Beli konsumen” .(skripsi manajemen dakwah Universitas islam negeri syarif hidatullah, Jakarta, 2018).

Rudianto ”Pengaruh Pemasaran Jejaring Media Sosial dan Terkaitan Konsumen terhadap Niat Beli Konsumen”

Sakti Riana Fatmaningrum dkk”Pengaruh pemasaran produk dan citra merek produk”.

Sciffman dan Kanuk, di terjemahkan oleh rudy irmawan dkk, Perilaku konsumen.Edisi 7.jakarta indeks.(2008).

Sciffman dan Kanuk,di terjemahkan oleh rudy irmawandkk,Perilaku konsumen.

Sigit, K. N., & Soliha, E.Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 21(1), 157-168 (2017).

Simorangkir O.P Pengantantar lembaga keuangan Bank dan Non Bank.Ghalia Indonesia (2004).

Srirahayu-sekretaris /2015/06/manajemen-pemasaran-(11 Agustus 2017).

Steven Tirto Raharjo” Pengaruh Sosial Media Marketing terhadap Purchase Intension Melalui Brand Awareness sebagai variabel mediasi pada Lazada”

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuntitatif dan R&D”. (Bandung: Alfabeta.2017) Hardani dkk, Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, (CV Pustaka Ilmu 2020). Sugiono, Metode penelitian kuantitatif dan R&D (Bandung alvabeta CV,2005,51).

Sukiati,Metodologi Penelitian, (Medan: Perdana Publishing, 2016).

Sukmadi, Maman Usman” Pengaruh Marketing Public Relation Terhadap Word Of Mouth Comunication (Studi Pada Objek Wisata Taman Safari Indonesia Bogor)”

Suryani dan Hendrayadi, Metode Riset Kuantitatif, (Jakarta:PrenadaMedia Grup,2018).

Published

2024-08-29

Versions

How to Cite

lesmana, ceta indra . (2024). The Effect of Marketing IB Hijrah Savings Products on Customer Trust and Purchase Tension Through the Referral Program at Bank Muamalat Mojokerto. AKASYAH: Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Audit Syariah, 4(1). https://doi.org/10.58176/akasyah.v4i1.1055