The Description of a Good English Teachers’ Behavior in Teaching

Penulis

  • Hasan Husein IAIN SULTAN AMAI GORONTALO

DOI:

https://doi.org/10.58194/jetli.v2i3.773

Kata Kunci:

Teachers, Behavior, Teaching

Abstrak

This research aims to analyze English Teachers’ Behavior in teaching and learning process. This research used a qualitative method The subject of this research was three English teachers of SMPN 12 Wonoasari. The results of this research showed that the English teachers at SMPN 12 Wonosari have good personalities and are good model teachers, and all teachers at SMPN 12 Wonosari create a plan to implement learning and understand the peculiarities of the students. The English teacher at SMPN 12 Wonosari is in charge of the teaching materials that will be presented to students during the learning process because each teacher has created a plan for the implementation of learning that includes all of the materials and activities that will be implemented in each meeting.

Referensi

Abu Ahmadi http://www.duniapelajar.com/pengertian-siswa-menurut-para-ahli,2014

Aly, 2008

Ali (2010)

Arifin(2000)

Asmani, 2012:227

Basuki, M. Miftahul Ulum, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam (Ponorogo: STAIN Po Press,2007), hal. 103.

Burhan, Bungin, Metodelogi Penelitian Sosial, (Surabaya: Airlangga University Press, 2001), h. 133

Departeman Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: 2007), hlm.1160

Djohar, Guru Pendidik Dan Pembinaanya (Yogyakarta: CV Grafika Indah, 2006), hal. 22.

Euis Tria, Skripsi: Studi Deskriptif Pengelolaan Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di kelas IV SDN 81 Kota Bengkulu (Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2014), hal.36

Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 1998. PBM-PAI Eksistensidan proses belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam (Yogyakarta: PustakaPelajar), hal. 191.

Heri Rahmat and Miftahul Jannatin, “Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris”. Journal, 2018.

Hidayati, Ika Nuraini:2013

Ibrahim, 2010:24

Indonesian dictionary

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: Gaung Persada, 2009) cet. 1 h. 11

Ibid,h.51

Jamarah, 2006:130

L.J. Cionbach

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000) cet. 18, h.5

Ibid.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002), hal. 64

Maslow

Muhaimin dkk, 2005

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 179.

Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdesarkan Pendekatan Kompetensi (Jakarta: BumiAksara, 2006)

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar( Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013), hlm. 44.

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar (Bandung: PT Sinar Baru Algensindo, 2000), hlm. 39-40.

Robert C. Bodgan and sari Knop Biklen, Qualitative Research for Eduication (London: Allyn & Bacon, Inc, 1982) h. 28

Sardiman A.R, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Grafindo, 2001), hlm.123

Sarwono (2007)

Saifudin Azwar, Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).

Ibid, hal. 86

Sedermayanti dan Syariudin Hidayat. Metodologi Penelitian. (Bandung: Alfabeta, Mandar Maju, 2011), hlm. 33

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 54

Ibid, hlm. 60

Soekidjo Notoatmodjo, Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2007), hlm.133

Sudirman,2003

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta,2011),hlm.2

Suyoto Bakri, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Batam: Karisma Publishing Group, 2006), hlm. 443

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta,2011), Hal.85.

Sugiono. Metode Penelitian Manajemen, (Cet 1, Bandung: Alfabeta, 2013), h.375

Suharimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2015), h.231

Sugiono. Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. 2019

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Alfabeta, 2008), 271

Taba dalam Fathurrohman (2015:210)

Ulber Silalahi, Metode Penelitian Sisoal (Bandung: PT Refika Aditama, 2009), 339

Ulber Silalahi, Metode Penelitian Sisoal, 340

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional no 20 tahun 2003 pasal 17 tentang Pendidikan Dasar

Usman(2011:5)

Yessy Setyani Sulaiman, “Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kupang Nusa Tenggara Timur : Sebuah Kajian Dalam Perspektif Etnografi”. Journal. 2021

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Husein, H. (2023). The Description of a Good English Teachers’ Behavior in Teaching. Journal of English Teaching and Linguistic Issues (JETLI), 2(3), 149–167. https://doi.org/10.58194/jetli.v2i3.773