Meningkatkan Kemampuan Memahami Hukum Bacaan Idhar Dan Ikhfa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Siswa Kelas 4 MIS At-Taqwa Kecamatan Malifut Kabupaten Halmahera Utara
Keywords:
Pembelajaran Audio Visual, Hukum Bacaan Idhar dan IkhfaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat siswa dalam mempelajari hukum bacaan Idhar dan Ikhfa siswa kelas 4 MIS AT-Taqwa Malifut dalam mempelajari hukum bacaan Idhar dan Ikhfa. Metode yang digunakan dalam mengkaji penelitian pada skripsi ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. dengan menggunakan metode Pembelajaran Audio Visual, proses kerja penelitian tindakan ini terdiri atas empat langkah yang berlangsung secara siklikal, yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Proses ini dilakukan selama 3 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dan siklus 3. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: observasi, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan, terbukti dengan diperolehnya peningkatan pada setiap siklus, Siklus I rata-rata kelas masih rendah yaitu 73,9%. Siklus II rata-rata kelas belum mencapai Hadist ≥ 77% yaitu 76,01. Pada siklus III rata-rata kelas sudah melebihi dari kriteria ketuntasan minimum dan sudah melampaui persentase keberhasilan tindakan yaitu ≥ 75%, nilai yang dicapai siswa melampaui nilai KKM yaitu 80,3%.