Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sejarah Masuknya Islam di Indonesia Di MTs Negeri 2 Maluku Tengah

Authors

  • Nurani Marasabessy MTs Negeri 2 Maluku Tengah

Keywords:

Take and Give, Hasil Belajar SKI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SKI siswa kelas IX.A Mts Negeri 2 Maluku Tengah setelah penerapan metode Take and Give. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 orang siswa kelas IX.A. Hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar SKI melalui penerapan metode Take and Give pada siswa kelas IX.A Dapat dilihat dari persentase rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebelum tindakan adalah 46,87%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I,Persentase rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 69,04% pada kriteria“Sedang”. Setelah dilaksanakan perbaikan pada tindakan pada siklus II, rata-rata hasil belajar semakin meningkat mencapai 78,27% pada kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar SKI siswa kelas IX.A di MTS N 2 Maluku Tengah.

Downloads

Published

2023-06-02