Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Discovery Learning Pada Materi Tokoh Ilmuwan Muslim Masa Daulah Abbasiyah Kelas VIII A MTs Negeri 1 Parigi

Authors

  • Muji Lestari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Parigi

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Tokoh Ilmuwan Muslim Pada Masa Daulah Abbasiyah kelas VIII MTSN 1 Parigi. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Model discovery dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Tokoh Ilmuwan Muslim Pada Masa Daulah Abbasiyah di MTSN 1 Parigi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTSN 1 Parigi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTSN 1 Parigi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Tokoh Ilmuwan Muslim Pada Masa Daulah Abbasiyah dari tindakan siklus I dan siklus II. Pada siklus I diketahui 10 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 50%, Pada siklus II diketahui 18 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTSN 1 Parigi dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Tokoh Ilmuwan Muslim Pada Masa Daulah Abbasiyah.

Downloads

Published

2023-02-02