Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Khulafaur Rasyiddin di MTs Negeri 1 Bitung

Authors

  • Sitti Nusi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bitung

Keywords:

Minat Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Project Based Learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode project based learning berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas VII.A MTs Negeri 1 Bitung. Penelitian dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning), (2) Pelaksanaan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), dan (4) Refleksi (reflecting) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MTs Negeri 1 Bitung kelas VII.A sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal evaluasi untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil antar siklus. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan Minat belajar peserta didik kelas VII.A semester I fase D pada materi Khulafaur Rasyiddin di MTs Negeri 1 BitungĀ 

Downloads

Published

2023-02-02