Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Peserta Didik Kelas III MI Negeri 2 Kolaka
Keywords:
hasil belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, pembelajaran kooperatif, group investigationAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas III MIN 2 Kolaka. Penelitian dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning), (2) Pelaksanaan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), dan (4) Refleksi (reflecting) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MIN 2 Kolaka kelas III Al-Ghafur sebanyak 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal evaluasi untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil antar siklus. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III Al-Ghafur semester I fase B pada materi Tradisi Masyarakat Arab Sebelum Islam di MIN 2 Kolaka.