Penerapan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Thaharah Di Kelas VII MTs Negeri 1 Kotamobagu
Keywords:
hasil belajar, metode jigsaw, Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi thaharah di kelas VII MTs Negeri 1 Kotamobagu melalui penerapan metode Jigsaw. Metode penelitian dalam kajian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan peserta didik, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar murid. Faktor yang diselidiki yakni faktor murid dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% peserta didik memperoleh nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi thaharah di Kelas VII MTs Negeri 1 Kotamobagu. Hasil evaluasi awal nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 68,81 dengan persentase ketuntasan mencapai 56,3%. Evaluasi pada akhir siklus I nilai siswa menunjukan peningkatan menjadi 77,46 dengan ketuntasan mencapai 71,9%. Pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa 81,03 dengan persentase ketuntasan mencapai 84,38%. Pencapaian siswa pada siklus II menunjukan peningkatan yang sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran untuk pokok thaharah, sebab standar ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah adalah jika 80% siswa memperoleh nilai ≥ 80.