Penerapan Model Cooperative Learning Pada Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Syahadat Kelas 1 MIN 2 Banggai

Authors

  • Suryaningsih Bora MIN 2 Banggai

Keywords:

hasil belajar, model cooperative learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Pada Materi Syahadat pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah fase A, MIN 2 Banggai Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model cooperative learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi syahadat, sebelum diterapkannya model cooperative learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 25% yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 50. Setelah diterapkannya model cooperative learning pada siklus 1 persentase kegiatan siswa masih berada pada katagori cukup dengan hasil persentase berjumlah 7 orang dengan persentase sebesar 39% dan siswa yang memperoleh nilai < 75 dan masuk dalam kategori belum tuntas berjumlah 11 orang dengan persentase 61%, dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81,5. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2023-02-02