Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Video Tutorial Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Fase A di SDN 22 Tibawa
Keywords:
Kemampuan Berwudhu, Video Tutorial, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video tutorial wudhu dan kemampuan siswa dalam berwudhu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. penerapan pembelajaran melalui tutorial video dapat meningkatkan perubahan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase A. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan tindakan dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari siklus pertama hasilnya yaitu nilai rata-ratanya 73,75 sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu nilai rata-ratanya 88,75. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada setiap siklus pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan.