Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X A 1 SMA Negeri 2 Luwu Timur
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Kooperatif Learning, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran koopertif lerning. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa pada materi hidup lapang dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Kooperatif Learning meningkat. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase E kelas X A 1 SMA Negeri 2 Kabupaten Luwu Timur 2022/2023, yang terdiri dari 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode kooperatif learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Dengan menggunakan metode kooperatif learning Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.