Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bukti Beriman Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Learning di Kelas XI MIPA 2 SMAN 10 LUWU
Keywords:
Jigsaw learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bukti beriman melalui penerapan model pembelajaran jigsaw learning di kelas XI MIPA 2 SMAN 10 Luwu. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw learning di kelas XI MIPA 2 SMAN 10 Luwu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bukti beriman. Hal tercermin pada hasil belajar siswa yang memperoleh nilai rata-arata mencapai 78,07 kemudian berhasil ditingkatkan menjadi 83,55. Oleh karena itu, apabila ditinjau dari nilai rata-rata maka terjadi peningkatan. Begitu pula dengan perolehan nilai ketuntasan klasikal, terbukti pada siklus I mencapai 74,92% kemudian pada siklus II naik menjadi 88,45%, artinya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa semakin meningkat dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw learning. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa siswa merasa senang saat proses pembelajaran yang tampak pada keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw learning. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam menerapkan model pembelajaran jigsaw learning dalam proses pembelajarannya khususnya pada pelajaran pendididkan agama Islam dan budi pekerti.