Peningkatan Keterampilan Menghafal Juz 30 Melalui Metode Muroja’ah di Kelas VII MTs. Al-Hidayah Bulango Timur
Keywords:
menghafal juz 30, metode muroja’ah, al-Qur’an HadisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menghafal juz 30 melalui metode muroja’ah di kelas VII Mts. Al-Hidayah Bulango Timur. Penelitian ini termasuk jenis Penelitain Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek dari penelitian ini adalah fase D Mts. Al-Hidayah Bulango Timur tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri 12 peserta didk. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode muroja’ah meningkatkan ketrampilan menghafal juz 30. Sebelum diterapkan metode muroja’ah prosentasi pencapaian keberhasilan secara klasikal hanya 2 peserta didik yang nilainya telah mencapai standar. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 peserta didik yang nilainya telah mencapai standar dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 peserta didik. Peserta didik lebh semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran