Strategi dan Pendekatan Pembelajaran Aktif Mata Pelajaran PAI di Sekolah Umum
Keywords:
Strategi, Pendekatan, Pembelajaran Aktif, PAIAbstract
Tulisan ini mengkaji dan mengnalisis strategi dan pendekatan pembelajaran aktif pada mata pelajaran PAI di sekolah umum disusun dan diimplementasikan secara sistematik. Pelaksanaan pembelajaran aktif memiliki tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Tahapan ini juga harus didukung oleh beberapa faktor seperti tersedianya lingkungan dan sumber belajar termasuk alokasi waktu yang memadai dan metode yang digunakan untuk merangsang peserta didik menjadi pembelajaran aktif. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan urgensi strategi dan pendekatan pembelajaran aktif pada Mata Pelajaran PAI di sekolah umum. Tulisan ini menggunakan metode penelitian library research dengan pendekatan analisis-kritis bersifat deskriptif. Jenis dari penelitian ini adalah penelitan bersifat literatur atau penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan(library research) adalah mengumpulkan data pustaka yang diperolehdari berbagai sumber informasi kepustakaan yang berkaitan dengan obyek penelitian seperti melalui abstrak hasil penelitian, indeks, review, jurnal dan buku referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum membutuhkan stretegi dan pendekatan pembelajaran aktif untuk merangsang peserta didik menjadi semangat, memahami serta mampu membangun konsep pengetahuan secara utuh secara efektif dan efisien. Strategi dan pendekatan yang kompleks, tentu menjadikan proses pembelajaran berbeda dan lebih dinamis dari proses pembelajaran klasik. Namun pembelajaran aktif masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki oleh pihak guru dan membutuhkan dukungan dari pihak sekolah, pemerintah dan masyarakat dalam pengimplementasiannya.