Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe (STAD) Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Negeri 1 Tapa
Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif tipe STADAbstract
Tulisan ini mengkaji dan menganalisis peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe student team achievement division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learningtipe student team achievement division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Swt di kelas XI SMA Negeri 1 Tapa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI dengan jumlah 28 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan pemahaman peserta didik. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil pretest yaitu 55,67. Setelah diterapkan pada posttest siklus I hasil nilai rata-rata meningkat menjadi 65,14. Selanjutnya pada posttest siklus II hasil nilai rata-rata meningkat menjadi 82,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik