Model Pengembangan Kurikulum PAI
Keywords:
Pengembangan, Kurikulum, PAIAbstract
Tulisan ini menganalisis model Pengembangan kurikulum PAI. Bertujuan mendeskripsikan Pelaksanaan Kurikulum PAI di Sekolah. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Kurikulum pendidikan agama Islam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kurikulum secara umum, perbedaan hanya terletak pada sumber pelajarannya saja. Dengan memperhatikan komponen-komponen kurikulum ada lima komponen kurikulum yaitu komponen tujuan, komponen Isi Kurikulum, komponen media atau sarana prasarana komponen strategi, komponen proses belajar mengajar. kurikulum Pendidikan agama Islam memiliki fungsi kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendididkan, fungsi kurikulum bagi Sekolah yang bersangkutan. Kemudian Asas-asas pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yakni Asas Filosofis, asas sosiologis, dan juga asas psikologis. Pendidikan agama Islam adalah usaha secara sistematis dan fragmatis dalam membantu anak didik agar supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam. Dengan landasan yuridis, landasan psikologis, landasan religious. Adapun tujuan yang utama atau pokok dari pendidikan agama Islam yaitu mendidik budi pekerti dan pendidikan jiwa. Dengan kata lain tujuan pendidikan agama Islam sejalan dengan misi Islam sendiri, yaitu mempertinggi nilai-nilai akhlak, sampai mencapai nilai ahlak alkharimah. Pelaksanaan Kurikulum PAI di sekolah yakni memperhatikan penyusunan dan pengembangan satuan pengajaran, Prosedur penyusunan satuan pengajaran, pengembangan satuan pengajaran, penggunaan satuan pengajaran bukan dari buatan guru sendiri, pelaksanaan proses belajar mengajar, pengaturan ruang belajar. kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler evaluasi hasil belajar dan program pengajaran