Gaya Pendidikan dalam Al-Qur’an Dan Hadis
Keywords:
Gaya Pendidikan, Al-Quran HadisAbstract
Tulisan ini mengkaji Gaya Pendidikan dalam Al-qur’an dan Hadis. Yang bertujuan Untuk menguraikan Gaya Pendidikan dalam Al-qur’an dan Hadis. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Studi kepustakaan adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Adapun tahap-tahap yang harus ditempuh peneliti dalam penelitian kepustakaan adalah Pertama, mengumpulkan bahan-bahan penelitian. Bahan yang dikumpulkan adalah berupa informasi data empirik yang bersumber dari buku-buku, jurnal, hasil laporan penelitian resmi maupun ilmiah dan literatur lain yang mendukung tema penelitian ini. Kedua, membaca bahan kepustakaan. Dalam membaca bahan penelitian, pembaca harus menggali secara mendalam bahan bacaan yang memungkinkan akan menemukan ide-ide baru yang terkait dengan judul penelitian. Ketiga, Membuat catatan penelitian. Keempat, Mengolah catatan penelitian. Semua bahan yang telah dibaca kemudian diolah atau dianalisis untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang disusun dalam bentuk laporan penelitian. Analisis data adalah proses penyederhanaan data kedalam bentuk mudah dibaca dan diinterprestasikan. Dalam penelitian ini setelah melakukan pengumpulan data maka data tersebut dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan, bentuk teknik dalam analisis data ini adalah content analisys atau analisis isi. Hasil penelitian ini adalah: Dari hasil studi teori penulis menemukan bahwa dalam Al-qur’an dan Hadis Gaya Pendidikan meliputi Bimbingan Belajar, Belajar dan Pembelajaran serta Mendidik. Ketiga gaya pembelajaran tersebut dapat dilihat rujukannya dalam Al-qur’an dan Hadis seperti yang telah penulis uraikan dalam penulisan karya ilmiyah ini