Implementasi Budaya Madrasah dalam Membentuk Karakter Positif Peserta Didik
Keywords:
Budaya Madrasah, Karakter PositifAbstract
Tulisan ini mengkaji implementasi budaya madrasah dalam membentuk karakter positif peserta didik di MTs Kaidipang. Untuk mengetahui kendala dan upaya implementasi budaya madrasah dalam membentuk karakter positif peserta didik di MTs Kaidipang. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisa datanya dilakukan dengan cara penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Jadi teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif yang menggambarkan hasil dengan kata-kata atau deskripsi. Hasil penelitian ini adalah: Implementasi budaya madrasah dalam membentuk karakter positif peserta didik di MTs Kaidipang terdiri atas tiga bentuk yaitu implementasi budaya masuk ke lokasi madrasah, implementasi budaya belajar di kelas, dan implementasi budaya pulang ke rumah. Dalam hal ini guru membiasakan perbuatan baik kepada peserta didik sehingga menjadi budaya yang dilakukan setiap hari tanpa harus diberikan peringatan atau teguran. Kebiasaan baik sebagai budaya yang dilakukan oleh peserta didik ini menjadi budaya yang terus menerus diterapkan sehingga terbentuk karakter positif bagi peserta didik seperti disiplin, religius, taat, dan peduli lingkungan di MTs Kaidipang.