Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila
Keywords:
Insersi, Nilai Gotong Royong, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Tulisan ini membahas tentang Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat analisis. Penelitian kepustakaan yaitu peneliti berusaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian terdapat analisa dan interpretasi atau pengisian terhadap data tersebut. Pembahasan ini merupakan pembahasan naskah, pengumpulan datanya diperoleh melalui sumber literatur, yaitu melalui penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah melalui profil Pelajar Pancasila, dapat menginsersikan nilai-nilai gotong royong seperti kerjasama, hidup berdampingan, membantu sesama, tanggung jawab social, solidaritas, menjaga lingkungan. Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk memperkuat dan menerapkan nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penerapan nilai-nilai ini, diharapkan Pelajar Pancasila dapat menjadi generasi yang peduli, bertanggung jawab, dan berkontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar