Dinamika Pembelajaran Tafsir di Perguruan Tinggi Islam

(Analisis Perkembangan Studi al-Qur’an)

Authors

  • Najamuddin Petta Solong IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Husni Idrus Pimpinan Ponpes Azharul Khairaat Gorontalo

Keywords:

Dinamika, pembelajaran tafsir, Perguruan Tinggi Islam, Perkembangan Studi al-Qur’an

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis dinamika pembelajaran tafsir di Perguruan Tinggi Islam untuk Memacu Perkembangan Studi al-Qur’an dalam kurun waktu antara tahun 1981-2000. Metode yang digunakan adalah library research atau penelitian kepustakaan yakni menyelidiki permasalahan penelitian ini dengan mengedepankan aspek dinamis dari pembelajaran tafsir di Indonesia khususnya terkait perkembangan studi al-Qur’an yang kian berkembang pesat. Hasil kajian ini menemukan dinamika yang ditunjukkan dalam pembelajaran tafsir di Perguruan Tinggi Islam pada periode 1980-2000 yang memacu perkembangan studi al-Qur’an di antaranya terlihat dari pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan tafsir, inovvasi yang dihasilkan dalam setiap kegiatan ilmiah berkaitan dengan tafsir dalam bentuk seminar maupun tugas akademik. Selain itu, pemikiran mufassir yang dinamis juga ikut memacu perkembangan studi al-Qur’an.

Downloads

Published

2022-12-01